Bisnis
online
didefinisikan secara beragam oleh banyak orang. Namun dari semua
definisi yang berbeda, sebenarnya mengacu pada inti yang sama. Secara
sederhana, definisi bisnis online adalah semua bentuk aktivitas
bisnis yang dijalankan menggunakan media internet untuk mendapatkan
penghasilan. Dari definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa pada
prinsipnya bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis pada
umumnya yang dijalankan secara offline. Persamaan antara bisnis
online dan bisnis offline antara lain adanya transaksi jual beli
barang maupun jasa dan tujuan yang hendak dicapai, yaitu memperoleh
pendapatan. Yang membedakan antara bisnis online dengan offline
hanyalah media yang digunakan. Bisnis online dijalankan melalui
internet, sementara bisnis offline dijalankan dengan berbasis pada
toko, penjualan langsung, atau bentuk - bentuk pemasaran lainnya.
Bisnis
online menjadi pilihan banyak orang untuk berbinis. Hal ini karena
bisnis di dunia maya ini memang memiliki banyak kelebihan yang tidak
dimiliki sistem bisnis offline. Kelebihan - kelebihan tersebut antara
lain :
- Jumlah pengguna internet di seluruh dunia sangat banyak. Dengan demikian, bisnis menggunakan media internet dapat menjangkau banyak sekali orang yang dapat dibidik menjadi konsumen barang atau jasa yang hendak Anda jual. Pasar yang dapat dibidik oleh bisnis online juga tidak terbatas hanya orang-orang yang berdomisili dekat dengan pemilik bisnis melainkan dapat menjangkau konsumen dari seluruh belahan bumi.
- Tidak memerlukan bangunan sebagai kantor atau toko tempat memajang produk yang hendak dijual. Bisnis online dapat dijalankan dari mana saja selama ada koneksi internet.
- Bisnis online bekerja selama 24 jam penuh dalam satu hari, bahkan ketika pemilik sedang tidur atau menikmati liburan. Hal ini karena website atau blog dapat dikunjungi kapan saja dan oleh siapa pun juga.
- Modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis online relatif kecil jika dibandingkan dengan bisnis offline. Hal ini karena bisnis online tidak memerlukan bangunan sebagai kantor atau toko serta tidak perlu menggaji karyawan - karyawan seperti yang digunakan pada bisnis offline. Biaya promosi di internet juga relatif murah.
- Bisnis online tidak harus dijalankan secara penuh. Seseorang dapat mengelola bisnis online sebagai pekerjaan sampingan tanpa mengganggu pekerjaan utamanya.
- Pelaku bisnis online tidak harus memiliki produk barang atau jasa sendiri untuk dijual. Ia dapat memasarkan produk orang lain dan memperoleh pendapatan dari komisi yang akan diterimanya setiap berhasil menjual produk orang lain tersebut.
- Barang dan jasa yang dapat dijual secara online tidak terbatas. Apa pun bisa dijual lewat internet. Pada bisnis online, jenis barang atau jasa yang dijual harus disesuaikan dengan kebutuhan konsumen di sekitar tempat bisnis tersebut dijalankan.
Bisnis
online memang memiliki banyak kelebihan dan dapat dijalankan oleh
siapapun, kapanpun, dan di manapun. Namun, tidak semua orang yang
terjun ke bisnis dengan sistem online ini berhasil meraih sukses.
Tidak sedikit pelaku bisnis online yang mengalami kegagalan. Sumber
kegagalan bisnis online bermacam - macam antara lain tidak dilakukan
dengan cara - cara yang benar, kurang gigih dalam berbisnis, promosi
yang kurang gencar, atau produk yang dijual kurang menarik serta
kurang bermanfaat untuk kebanyakan orang.
Orang
yang gagal menjalankan bisnis online memang banyak, tetapi orang yang
sukses menjadi jutawan dengan berbisnis secara online juga tidak
kalah banyak. Jadi, Anda tidak perlu berkecil hati atau ciut nyali
jika memang ingin membangun bisnis online. Yang harus Anda lakukan
adalah memahami seluk-beluk bisnis online, lalu mengelola bisnis ini
dengan benar. Untuk dapat memahami seluk-beluk dunia bisnis online,
Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber, baik dari internet,
buku, orang-orang yang telah terbukti berhasil di bidang bisnis
online, e-book, majalah, dan sebagainya. Banyak pula seminar bertema
bisnis online di sekitar Anda yang dapat diikuti. Sumber - sumber
tersebut akan memberikan Anda banyak informasi dan memperkaya wawasan
Anda tentang bisnis online. Bekal pengetahuan yang memadai, pemahaman
yang benar, dan cara-cara menjalankan bisnis yang tepat, dapat
mengantarkan Anda menjadi pebisnis online yang sukses, yang dapat
meraih pendapatan tanpa batas.
Memahami definisi
bisnis online
merupakan langkah awal. Masih ada begitu banyak upaya yang harus Anda
lakukan untuk benar-benar memahami dunia bisnis online, sebelum Anda
siap ambil bagian sebagai pelaku di dalamnya. Namun, setidaknya
definisi bisnis online dapat memberikan Anda sedikit gambaran, jika
Anda sebelumnya sama sekali belum memiliki gambaran tentang bisnis
online. Berangkat dari pemahaman akan definisi bisnis online, Anda
dapat membuktikan potensi Anda di bidang bisnis online dan meraih
sukses di dalam bisnis Anda.
Peluang
usaha kuliner kini cukup menjanjikan sebagai ladang usaha di
perkotaan atau pedesaan, bisa dilakukan oleh perorangan ataupun
sekalompok orang. Mulai dari ibu rumah tangga sampai karyawan atau
PNS pun juga bisa memulai usaha ini. Tidak semua orang selalu dapat
menghidangkan makanan di rumah dan banyak di antara mereka yang
memilih mencari makan di luar rumah baik itu makanan ringan maupun
makanan berat. Melihat peluang tersebut, maka tak heran jika kini
banyak sekali bermunculan restoran atau rumah makan yang menawarkan
berbagai jenis hidangan lezat. Memang pada kenyataannya bisnis ini
sangat menjanjikan.
Dengan
menjamurnya industri kuliner, maka bisnis kuliner ini pun bukan tanpa
hambatan dan kesulitan. Persaingan semakin ketat dan untuk bertahan
kita harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kedai kuliner
lain. Pada dasarnya, bisnis kuliner ini melibatkan segala bidang
seperti menyediakan peralatan dan bahan baku, mengontrol dan
mempertahankan kualitas, inovasi pada menu, dan strategi harga.
Alangkah
lebih baiknya jika bisnis kuliner ini dilakukan oleh seorang yang
hobi makan. Karena suatu bisnis yang berawal dari hobi akan lebih
cepat maju dan berkembang. Mereka akan menjalankan hobi mereka dan
diluangkan ke dalam bisnis dengan hati dan sukarela serta enjoy.
Namun bukan berarti seseorang yang tidak hobi makan tidak bisa
melakukan bisnis kuliner. Sebelum memulai usaha kuliner, ada baiknya
Anda untuk mempelajari terlebih dahulu hal yang perlu diperhatikan,
yaitu :
- Belajar ke orang yang sudah berpengalaman dan mencoba mempraktekkan langkah - langkah tersebut.
Sebelum
memulai suatu bisnis, akan lebih baik Anda perlu untuk mempelajarinya
terlebih dahulu cara mengembangkan usaha kuliner dari para ahli atau
orang - orang yang sudah berpengalaman. Informasi tersebut akan
memberi pencerahan dan motivasi terhadap diri sendiri dalam
pencapaian kesuksesan. Tidak hanya dalam pencapaian kesuksesan saja,
namun juga dalam kelapangan dada dalam menerima kegagalan seperti
rejeki yang belum sesuai harapan hingga adanya banyak pesaing.
- Memilih produk yang sekiranya banyak diminati.
Identifikasi
produk sangat penting untuk mengetahui apa saja jenis makanan yang
banyak diminati orang. Hal tersebut menjanjikan untuk prospek bisnis
jangka panjang Anda. Jangan mudah tergoda untuk melirik usaha makanan
yang sedang trend. Memang ketika sedang trend, kuliner Anda akan laku
keras karena adanya permintaan yang tinggi. Tapi jika sudah lewat
masa-masa itu, Anda bisa mengalami kerugian karena permintaan
berkurang. Oleh karena itu, makanan yang sedang trend boleh
disediakan hanya sebagai menu pelengkap saja, bukan menu utama.
- Standarisasi resep, rasa, dan meyakini kemampuan.
Ketika
hendak membuka usaha kuliner, penting bagi Anda untuk mengukur
kelayakan masakan yang akan Anda jual. Mungkin saja Anda dapat
membagikan masakan Anda kepada teman, saudara atau keluarga Anda dan
mintalah pendapat kepada mereka tentang cita rasa produk masakan
Anda. Pendapat mereka bisa menjadi masukan berharga untuk Anda. Jika
masakan Anda mendapat tanggapan positif maka yang perlu Anda
perhatikan selanjutnya adalah jangan sampai orang luar mengetahui
resep masakan Anda. Anda perlu memisahkan resep biasa dan resep
rahasia Anda. Untuk menjaga kelangsungan usaha kuliner, Anda juga
perlu mengembangkan inovasi - inovasi pada resep Anda agar selalu
menjadi pilihan utama para pelanggan. Kemampuan juga merupakan modal
yang amat penting dalam melakukan usaha apapun, terutama memasak.
Kemampuan diri bisa ditingkatkan dengan terus mempelajari lebih dalam
tentang bisnis yang sedang digeluti.
- Membentuk tim.
Tim
adalah orang-orang yang dapat membantu kelancaran bisnis Anda.
Misalnya saja untuk permulaan Anda bisa meminta tolong bantuan tenaga
kepada kerabat atau saudara. Jika keuntungan sudah mencukupi, Anda
bisa menyewa jasa dan tenaga orang lain sesuai kebutuhan.
- Pemasaran produk.
Strategi
pemasaran sangat menentukan keberhasilan bisnis Anda. Distribusi
merupakan hal yang penting di dalam menjalankan suatu bisnis. Apabila
Anda memiliki modal besar, Anda bisa mencoba untuk membuka beberapa
outlet sekaligus. Tapi jika modal Anda terbatas, fokuskan dulu pada
satu outlet. Promosi merupakan hal yang tak kalah penting, Anda perlu
untuk menyebarkan brosur produk Anda kepada orang banyak.
Perkembangan teknologi dapat membantu Anda memasarkan secara lebih
luas mengenai produk Anda. Misalnya dengan cara promosi melalui web
dan jejaring sosial. Cara tersebut cukup ampuh menarik minat
pelanggan untuk datang ke outlet Anda.
- Lokasi.
Lokasi
pemasaran juga penting untuk diperhatikan, pilihlah lokasi yang dekat
dengan keramaian. Agar lebih banyak calon pelanggan yang mengetahui
keberadaan outlet Anda sehingga memungkinkan untuk terjadinya
transaksi.
Dari
adanya usaha bisnis baik kuliner maupun lainnya yang diiringi dengan
perkembangan dan kemajuan teknologi, maka muncullah konsep mengenai
bisnis kuliner secara online. Kini sudah merajalela bisnis dilakukan
secara online. Pebisnis - pebisnis yang memiliki modal atau pendukung
dalam menjalankan bisnis secara online, memilih untuk mengalihkan
bisnisnya dari offline menjadi online.
Berjualan
secara online tidak akan batasnya, muali dari produk fashion,
peralatan elektronik, peralatan rumah tangga, hingga makanan. Saat
ini produk jenis makanan atau usaha kuliner juga bisa dilakukan
dengan menggunakan toko online. Terlihat susah memang, karena
biasanya konsumen bisa menyentuh dan merasakan makanan yang Anda jual
secara langsung. Namun ketika Anda menjalankan bisnis kuliner online,
tentu saja konsumen tidak akan bisa melakukan hal tersebut. Bagi Anda
yang menjadi pemula dalam berbisnis terutama bisnis kuliner online,
berikut adalah tips dalam menjalankan bisnis kuliner secara online
tersebut :
- Tentukan merek produk Anda.
Sebelum
memulai untuk mendirikan sebuah bisnis makanan atau kuliner, Anda
harus membuat sebuah merek yang menggambarkan diri Anda dan bisnis
makanan Anda ini. Buatlah merek seunik mungkin yang akan benar-benar
diingat dengan mudah oleh konsumen Anda. Memiliki
sebuah usaha atau bisnis pribadi tentu saja akan sangat banyak yang
perlu untuk dipersiapkan. Bukan hanya produk atau jasa apa yang akan
dijual, namun juga nama atau merek dari produk yang akan ditawarkan.
Sebuah nama merek akan membantu bisnis kita dikenal oleh masyarakat
luas. Masyarakat akan mendapatkan pengetahuan pertama kali mengenai
produk melalui nama merek kita, terlebih untuk sebuah merek pribadi.
Sebuah merek yang baik adalah merek yang dapat mengkomunikasikan ide
dari sebuah perusahaan atau produk. Dan sebuah branding
yang baik berarti mampu menciptakan konsistensi dalam semua aspek
dari bisnis Anda, baik online maupun offline. Berikut ini adalah 7
langkah untuk menciptakan merek pribadi anda sendiri :
- Mengenali diri Anda sendiri dan apa yang Anda sukai.
Merek
pribadi yang akan Anda buat merupakan cermin mengenai siapa diri
Anda. Sebelum itu Anda juga harus tahu tentang diri Anda, apa yang
Anda sukai, apa yang Anda bisa lakukan dengan baik, dan apa yang Anda
kuasai dengan baik. Sehingga nantinya sebuah merek yang Anda ciptakan
ini benar - benar akan menggambarkan diri Anda.
- Buatlah nama merek yang unik dan mudah diingat.
Sebuah
merek diciptakan sebagai perkenalan awal pelanggan dengan penjual.
Berikanlah nama merek yang unik dan tentu saja mudah diingat oleh
siapapun, terutama konsumen. Hal ini akan membuat pelanggan mudah
mengingat dan mengerti tentang produk yang Anda jual atau pasarkan.
Usahakan untuk tidak membuat merek dengan nama yang asing dan sulit
dimengerti. Ingatlah juga tentang target pasar Anda. Untuk siapa
produk Anda, kapan akan diterbitkan, lalu dimana akan dipasarkan.
Sesuaikan ketiga hal tersebut ketika Anda ingin membuat sebuah merek.
- Buatlah website pribadi anda.
Gunakanlah
website dalam mendukung usaha bisnis kuliner Anda. Anda bisa mulai
dengan sebuah blog pribadi, atau Anda juga bisa membeli sebuah
template website yang sudah jadi dan Anda hanya tinggal
menggunakannya.
- Mintalah kritik dan saran kepada orang lain.
Sebuah
hasil yang baik tidak lepas dari kritik dan saran orang lain. Bahkan
usaha apapun yang telah kita lakukan jauh dari kata sempurna.
Mintalah orang lain untuk mengkritik tentang bagaimana merek Anda,
serta jangan pernah malu untuk meminta saran. Manfaatkanlah saran dan
kritik dari orang lain tersebut untuk memperbaiki jika ada bagian
yang salah dan mengembangkan ke arah yang lebih baik sehingga Anda
mampu berhasil dengan menggunakan merek pribadi Anda sendiri.
- Berbagi konten yang berguna.
Cobalah
untuk memberikan berbagai informasi mengenai produk Anda, bisa juga
memanfaatkan blog yang Anda miliki dengan berbagi tips-tips yang
berkaitan dengan produk Anda. Dengan demikian, pembaca blog Anda
tidak akan merasa jenuh dengan blog yang tidak berisi.
Berikan
juga logo yang menarik untuk website Anda. Logo yang Anda buat
tersebut nantinya akan menggambarkan bisnis kuliner Anda.
Logo itu ibarat wajah perusahaan Anda. Tujuannya adalah agar setiap
orang dapat membedakan dengan mudah antara merek Anda dengan
kompetitor. Maka dari itu, logo harus dibuat seunik mungkin. Ada tips
yang dapat anda terapkan ketika anda mulai membuat logo atau
mendesain ulang logo lama anda, antara lain :
- Sederhana.
Logo
yang baik adalah logo yang sederhana (simple). Logo dapat dimunculkan
secara unik tanpa harus digambarkan secara berlebihan. Karena
kesederhanaan akan membuat logo lebih mudah diingat dan fleksibel
ketika diterapkan ke dalam berbagai media visual.
- Unik.
Keaslian
atau kemurnian sebuah logo juga harus diperhatikan agar ketika orang
melihat logo Anda, ia tidak mengingat produk lain selain produk Anda.
Jika ada perusahaan lain yang pakai konsep yang sama seperti yang
Anda gunakan, pasti perusahaan pengikut tersebut akan dianggap
sebagai plagiat.
- Mudah diingat.
Logo
yang mudah diingat akan membuat sebuah perusahaan bisa bertahan dalam
ingatan konsumen. Logo yang mudah diingat kebanyakan adalah logo yang
mempunyai bentuk yang sederhana dan orang dapat menerima dengan tepat
bentuk yang ingin disampaikan oleh logo tersebut. Logo yang mudah
diingat inilah yang akan banyak mendapat perhatian lebih dari
konsumen daripada logo yang sulit diingat.
- Mudah digunakan.
Logo
akan banyak digunakan ke dalam berbagai media visual seperti stempel.
Oleh karena itu, sebuah logo yang baik harus bisa ditempatkan kepada
berbagai kondisi dan tetap tidak kehilangan bentuk sebenarnya.
Meskipun diperbesar dan diperkecil, logo harus tetap dapat dikenali.
- Tahan lama.
Tahan
lama artinya seiring perkembangan jaman dapat mengikutinya dan
bertahan dalam perkembangan tersebut. Logo seperti ini akan sangat
menguntungkan perusahaan di masa depan. Sebab apabila logo tidak
tahan lama dan seiring populernya bisnis, Anda ingin melakukan
perubahan logo maka perubahan desain sebuah logo akan memakan banyak
biaya dan waktu. Selain itu, perubahan logo juga dapat membingungkan
konsumen dan bahkan bukan tidak mungkin Anda bisa kehilangan
pelanggan.
- Sesuai gambaran perusahaan.
Logo
yang baik adalah logo yang dapat menggambarkan perusahaan Anda sesuai
kesan yang ingin ditonjolkan oleh perusahaan.
- Jenis tulisan yang tepat.
Bentuk
dari sebuah tulisan menyuarakan makna tersendiri. Seperti jenis
tulisan yang tipis akan terdengar seperti suara seorang wanita yang
lembut dan halus sedangkan jenis tulisan yang tebal akan terdengar
seperti suara yang berat dan tegas. Jenis tulisan yang tidak relevan
atau tidak tepat akan menggiring pengunjung pada persepsi yang salah.
- Gunakan website untuk berjualan online.
Biasanya
mereka yang baru memulai membuka bisnis online akan mulai menjual
produk mereka di sosial media atau blog pribadi mereka. Itu bukanlah
hal yang salah dilakukan saat ini, karena perkembangan sosial media
di masyarakat memang sudah sangat besar. Banyak masyarakat kini sudah
dapat menggunakan sosial media di manapun mereka berada, mampu
mengaksesnya melalui telepon genggam yang dapat mereka bawa kemanapun
dan kapanpun. Namun lebih baik Anda menggunakan sebuah website
pribadi yang nantinya akan Anda isi dengan produk makanan yang Anda
jual. Dengan begitu konsumen Anda akan merasa mudah dan lebih dekat
dengan bisnis Anda. Anda bisa mendesain website tersebut sesuai
dengan keinginan Anda dan tentu saja yang berhubungan dengan bisnis
kuliner Anda. Anda
mungkin sudah tahu saat ini memiliki sebuah website sama pentingnya
ketika Anda menyediakan nomor telepon atau alamat bagi para pelanggan
Anda. Website merupakan sebuah sarana yang dapat diandalkan untuk
memperkenalkan merek produk Anda kepada masyarakat luas. Website yang
mampu mencitrakan merek akan secara otomatis memberikan kesan positif
pada pelanggan Anda. Berikut ini adalah hal – hal yang Anda
butuhkan untuk dapat membangun sebuah website yang mencitrakan merek
Anda :
- Isi
- Tulisan
Bahasa
yang Anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pelanggan harus memiliki
identitasnya sendiri. Penggunaan tulisan harus disesuaikan dengan
target pasar Anda. Karena penggunaan tulisan sangat berpengaruh
terhadap penyampaian informasi di dalam sebuah website. Tentukan
siapa calon pelanggan Anda dan carilah nada yang tepat dan suara yang
pas untuk bisnis Anda.
- Gambar
Dalam
sebuah website sudah bisa dipastikan akan ada gambar yang
menginformasikan tentang bisnis Anda. Usahakan untuk menggunakan
gambar asli, hal ini akan membuat calon pelanggan Anda tertarik untuk
mengunjungi website Anda. Gunakan gambar atau foto dengan resolusi
tinggi, lakukan hal ini terutama untuk foto produk – produk Anda.
Anda bisa juga mencantumkan foto para karyawan atau staff Anda bahkan
foto saat proses produksi produk Anda. Hal ini dilakukan agar calon
pelanggan Anda bisa mempercayai produk Anda.
- Desain dan layout
Logo,
latar belakang, dan warna
Jika
Anda sudah memiliki logo untuk bisnis Anda, itu sangat luar biasa.
Namun jika tidak, Anda harus benar – benar mempertimbangkan untuk
membuat sebuah logo bagi bisnis Anda ini. Anda tidak perlu membuat
sebuah logo yang terlihat mewah. Cobalah untuk membuat logo yang
sederhana, namun juga informatif. Setelah itu pastikan bahwa latar
belakang situs Anda dan skema warna bekerja selaras dengan logo Anda.
Perlu diingat, warna akan memicu perasaan dan emosi para penikmatnya.
- Halaman Informatif.
- Tentang perusahaan.
Perlu
bagi Anda untuk memperkenalkan siapa Anda dan bagaimana bisnis yang
sedang Anda jalani ini. Memperkenalkan diri perusahaan salah satu
caranya memang lewat sebuah logo. Tapi itu untuk mereka yang mengerti
maksud dari merek Anda. Sedangkan bagi pelanggan yang tidak paham,
hal yang harus Anda lakukan adalah menulis profil Anda dan bisnis
Anda di dalam halaman informatif.
- Testimonial.
Testimonial
dari pelanggan sangatlah dibutuhkan. Bukan hanya menantikan kepuasan
terhadap produk atau jasa kita. Tapi dari tertimonial tersebut, kita
bisa mendapatkan masukan dan saran mengenai bisnis Anda ini. Tidak
sedikit dari calon pelanggan yang mencari dan melihat testimonial
dari pelanggan lama mengenai produk yang Anda tawarkan. Untuk itulah,
respon dari pelanggan berupa testimonial ini sangat penting
dipublikasikan kepada masyarakat luas.
- Kontak
Sama
seperti sebuah alamat, kontak dalam sebuah website adalah bagian
terpenting yang tidak boleh dilewatkan. Karena terkadang orang yang
baru mengakses akan bertanya – tanya tentang informasi kontak Anda
untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang Anda pasarkan. Buat
mereka penasaran hingga terus mengunjungi website Anda dan hingga
mereka mencari Anda terus dan terus. Ketika pelanggan sudah merasa
penasaran, mereka akan terus bertanya dan mencari Anda. Dengan
demikian ada kemungkinan besar bahwa mereka akan membeli produk
tersebut.
- Aplikasi
Melibatkan
aplikasi dalam sebuah bisnis adalah hal yang paling penting. Aplikasi
– aplikasi tersebut seperti halnya berikut ini :
- Saluran Sosial.
Bagian
dari praktek branding
adalah dengan aktif di semua jejaring sosial yang relevan untuk
bisnis Anda. Namun menjalankan bisnis di jejaring sosial saja tidak
cukup. Untuk bisa memenuhi kebutuhan akan sebuah tampilan yang
menarik, rasa, dan bahasa merek, Anda harus memiliki domain untuk
situs website Anda. Ketika Anda sudah memiliki ide bisnis, segera
praktekkan dan segera buat sebuah nama domain yang mencerminkan
bisnis Anda.
- Aplikasi Pemasaran Email.
Untuk
media komunikasi antara Anda dan pelanggan Anda, bukan hanya bisa
terjalin melalui telepon, tetapi saat ini berkomunikasi sudah bisa
menggunakan email. Dan untuk email ini sendiri saat ini sudah bisa
disinkronisasikan dengan website Anda. Ini artinya ketika ada
transaksi jual beli yang terjadi pada bisnis dan website Anda, maka
secara otomatis akan memberitahu kepada Anda melalui email. Bukan
hanya untuk kepentingan promosi, namun pemasaran email ini juga
berfungsi untuk kepentingan promosi suatu bisnis. Anda bisa
mengirimkan berbagai email penawaran kerjasama dengan pihak lain.
- Beri kesan pertama yang menarik.
Semua
bisnis online seharusnya memang memberikan kesan menarik untuk
pertama kalinya. Tidak hanya bisnis kuliner online saja yang harus
memberikan kesan menarik untuk pertama kali bagi konsumen. Salah satu
cara untuk memberikan kesan pertama yang menarik yaitu bisa dilakukan
melalui foto atau gambar produk makanan yang ditawarkan. Pasanglah
foto atau gambar makanan yang Anda jual semenarik mungkin pada
website, blog toko online Anda, atau sosial media lainnya. Mungkin
juga Anda bisa memberikan foto kegiatan produksi yang ada di toko
Anda agar konsumen dapat percaya pada bisnis Anda. Usahakan Anda
menggunakan resolusi gambar yang tinggi untuk produk makanan Anda.
Ada sejumlah tips optimasi gambar yang cocok untuk bisnis kuliner
online Anda :
- Pilih format / ekstensi gambar yang sesuai.
Ada
tiga jenis file yang cocok untuk web Anda. Pastikan gambar-gambar
yang ada di web anda jatuh di kategori ekstensi yang tepat.
GIF:
Format atau ekstensi gambar ini memiliki kedalaman warna 256 dan
memiliki pixel transparan. Sangat cocok digunakan untuk grafik,
poin - poin, ikon, dan tombol.
JPG:
Format atau ekstensi gambar ini sangat cocok digunakan untuk gambar –
gambar yang memiliki jutaan warna. Misalnya foto galeri, foto
produk, dan gambar – gambar yang membutuhkan warna gradien. Karena
format ini bisa menghasilkan gambar yang bagus, pasti ukurannya juga
jadi lebih besar. Namun Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak sekali
alat yang dapat Anda gunakan untuk optimasi ukuran tanpa mengurangi
resolusinya.
PNG:
Format atau ekstensi gambar ini hampir sama dengan format GIF. Namun
format ini memiliki macam warna yang lebih banyak, dengan ukuran yang
lebih besar. Ada banyak pula alat yang dapat Anda gunakan untuk
optimasi.
- Ada sejumlah aturan yang perlu Anda taati ketika mengedit sebuah gambar, yaitu :
- Simpan file original atau file mentah gambar Anda. File ini bisa berupa gambar yang memiliki resolusi tinggi, atau jika Anda membuat sendiri ikon dan tombol dengan Photoshop, Anda bisa menyimpan file Anda untuk digunakan di lain waktu.
- Gunakan kompresi rate gambar yang sesuai. Misalnya jika kita akan menggunakan gambar sebagai foto, maka gunakan kompresi menengah ke atas (60% - 90%). Namun jika Anda membuat gambar latar belakang, Anda bisa menggunakan kompresi seminimal mungkin.
- Gunakan efek seperlunya.
- Simpan dalam Progresif. Pastikan gambar JPG Anda selalu tersimpan dengan opsi ini. Karena opsi ini akan memberikan gambar JPG Anda kemampuan untuk tampil dulu secara keseluruhan dengan kualitas rendah dan berangsur angsur menuju ke kualitas yang sebenarnya ketika diakses secara online.
- Beberapa alat untuk Optimasi gambar Anda.
Untungnya
optimasi gambar telah dilengkapi sejumlah alat bantuan. Dengan
demikian, pekerjaan anda bisa jadi jauh lebih mudah.
TinyPNG adalah
sebuah website yang menyediakan alat - alat untuk kompres
ukuran gambar bertipe PNG.
Smush.it juga
salah salah satu dari sekian banyak website yang menyediakan alat -
alat untuk kompresi gambar.
Photoshop,
di dalamnya ada fitur “Save for Web” untuk mengkompresi gambar
yang dikhususkan untuk penggunaan dalam website. Anda cukup buka File
> Save for Web.
- Tentukan menu andalan Anda.
Dari
sekian banyak jenis makanan yang Anda tawarkan dalam toko online
Anda, tentu ada satu atau beberapa jenis makanan yang menjadi andalan
bisnis Anda. Anda bisa menunjukkan hal itu kepada konsumen Anda. Anda
bisa membuat sebuah daftar di dalam website Anda yang berisikan
tentang menu andalan Anda tersebut. Berikan juga testimonial dari
beberapa konsumen Anda yang sudah pernah mencoba menu andalan
tersebut. Hal ini tentu akan menjadi perhatian bagi konsumen Anda
yang ingin membeli produk Anda.
- Jelaskan deskripsi makanan yang Anda jual.
Konsumen
Anda tentu tidak akan bisa mencicipi atau merasakan bagaimana makanan
Anda, karena Anda menjualnya secara online. Oleh karena itu ada salah
satu cara untuk bisa menciptakan imajinasi tentang produk Anda kepada
konsumen adalah melalui deskripsi produk yang Anda cantumkan. Anda
bisa menuliskan deskripsi secara umum produk Anda, apa saja
keunggulan yang dimiliki produk Anda daripada produk lain. Anda juga
bisa mencantumkan bahan apa saja yang ada di dalam makanan tersebut.
Apabila Anda merasa resep merupakan hal yang tidak seharusnya Anda
bagikan, maka tidak perlu Anda tuliskan di dalam deskripsi produk
Anda. Tulislah deskripsi produk semenarik mungkin. Ciptakan emosi
konsumen Anda, sehingga mereka lebih memilih produk Anda daripada
produk orang lain dan segera membelinya.
- Manfaatkan sosial media.
Sosial
media memegang peranan penting dalam proses promosi dan penjualan
suatu produk, terlebih untuk toko online. Begitu juga dengan bisnis
online di bidang makanan. Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk
menjual produk, selain website atau blog yang Anda gunakan
sebelumnya. Gunakan foto dan deskripsi produk yang menarik. Namun
jika di sosial media tentunya kita tidak bisa memberikan penjelasan
atau deskripsi produk yang panjang, karena kapasitas penggunaan kata
yang terbatas. Untuk foto makanan yang sudah Anda unduh, Anda bisa
memberikan tagging
kepada teman-teman di sosial media Anda. Agar teman - teman Anda
mengetahui bahwa Anda menjual produk yang menarik. Bahkan teman -
teman Anda pun bisa langsung bercerita dari mulut ke mulut mengenai
tag
yang mereka terima. Hal tersebut memungkinkan mereka akhirnya
tertarik untuk membeli produk makanan yang Anda tawarkan.
- Jaga kepercayaan konsumen Anda.
Meskipun
konsumen Anda tidak bisa mencicipi makanan Anda secara langsung, Anda
harus tetap mengutamakan kualitas rasa yang ada. Jangan biarkan
konsumen Anda kecewa karena mereka mendapatkan kualitas rasa yang
buruk dan tidak sesuai dengan penjelasan Anda.
- Segera layani konsumen Anda.
Seperti
halnya konsumen offline, konsumen online ingin mendapatkan pelayanan
yang terbaik dari Anda. Usahakan untuk memberikan mereka pelayanan
yang cepat ketika mereka memesan ataupun hanya sekedar bertanya. Ini
akan membuat konsumen Anda percaya jika Anda benar - benar menjual
produk yang berkualitas dan tidak main - main. Jangan abaikan ketika
konsumen Anda memberikan kritik dan saran kepada toko online Anda.
Itu merupakan hal yang penting demi kesuksesan dan kemajuan usaha
Anda.
- Beri jaminan pengiriman barang.
Sebelum
Anda menentukan akan menggunakan jasa pengiriman yang seperti apa,
maka tentukan terlebih dahulu jenis produk makanan yang ingin Anda
jual dan Anda kirimkan. Jika jenis makanan yang Anda jual merupakan
jenis makanan yang awet untuk beberapa hari atau bahkan beberapa
minggu, Anda bisa menjualnya hingga keluar kota yang membutuhkan
waktu beberapa hari pengiriman. Namun ketika makanan tersebut seperti
cake, tart, atau segala macam makanan yang sifatnya harus segera
dikonsumsi, Anda bisa memberikan jasa pengiriman untuk dalam kota
saja. Anda juga bisa memberikan jaminan sampainya pesanan kepada
konsumen Anda. Jika di jalan pada saat pengiriman makanan tersebut
mengalami suatu kecelakaan yang menyebabkan rusaknya komposisi
makanan tersebut, Anda harus siap untuk menggantinya. Ini akan
membuat konsumen mau memberikan kepercayaannya terhadap Anda. Karena
konsumen tidak merasa dirugikan dan mereka puas dengan pelayanan
Anda.
- Terus cari inovasi baru.
Untuk
bisnis makanan, Anda harus selalu mencari inovasi-inovasi baru.
Inovasi - inovasi baru tersebut bukan hanya berkaitan dengan makanan,
tetapi dapat juga berkaitan dengan strategi penjualan Anda. Anda bisa
mulai dengan mencari referensi mengenai resep - resep masakan yang
baru dan sedang digemari oleh masyarakat. Anda harus mampu membaca
lingkungan di masyarakat dan mengetahui apa yang masyarakat inginkan.
Jangan berhenti berinovasi terhadap apa yang Anda hasilkan dan Anda
berikan kepada konsumen Anda. Tetapi juga ingat, jangan mudah beralih
ke makanan yang sedang trend. Jadikan menu tersebut sebagai menu
sampingan. Karena ketika makanan tersebut sudah tidak trend maka
penjualan Anda akan menurun dan Anda akan mengalami kerugian.
Ketika
bisnis kuliner online Anda sudah mulai berjalan cukup lancar,
perlahan – lahan pasti Anda menginginkan omset Anda meningkat.
Memang rejeki itu sudah ada yang mengatur. Namun tak dapat dipungkiri
bahwa kita membutuhkan uang untuk bertahan hidup. Dan orang yang
bekerja terutama dalam hal ini adalah usaha bisnis kuliner online,
pasti menginginkan kesuksesan usahanya dengan cepat. Mereka ingin
segera mendapatkan uang yang banyak dari pekerjaannya, mereka sudah
mempunyai daftar – daftar keinginan yang akan mereka capai jika
sudah mendapatkan uang yang mereka harapkan tersebut. Hal itu memang
tidak mudah. Namun ada beberapa tips atau cara untuk meningkatkan
omset dalam berbisnis :
- Perbanyak Prospek.
Memperbanyak
prospek dapat dilakukan dengan cara antara lain memasang iklan, buka
cabang, sebar brosur, ikut pameran dll. Misalnya Anda dapat
menyebarkan brosur di pintu gerbang mal, kampus, supermarket, dan
tempat – tempat lainnya guna mengundang banyak orang supaya datang
ke toko (online) Anda, artinya mengakses website, blog, atau media
sosial yang Anda gunakan sebagai sarana Anda dalam berbisnis. Semakin
banyak yang mengetahui tentang toko Anda berarti semakin banyak
prospek Anda.
- Perbanyak Jumlah Konversi.
Konversi
adalah jumlah prospek yang akhirnya membeli produk Anda. Cara
meningkatkan konversi yaitu misalnya dengan memberikan garansi untuk
jangka waktu tertentu pada suatu produk yang Anda jual, atau dapat
juga dengan memberikan biaya pengiriman produk secara gratis sehingga
pelanggan hanya perlu membayar harga produk yang mereka beli tanpa
harus menanggung biaya pengirimannya.
- Tingkatkan Jumlah Transaksi.
Jumlah
transaksi adalah berapa banyak transaksi yang terjadi di toko Anda
per hari, per minggu, atau per bulan. Cara meningkatkan transaksi
bisa menggunakan bauran promosi seperti promosi penjualan. Anda
sebagai penjual dapat memberikan bonus, potongan harga, atau voucher
bagi pelanggan. Usahakan jangan mempersulit pelanggan dalam
mendapatkan hadiah yang seharusnya mereka terima. Agar mereka tidak
kecewa dan Anda mampu membangun hubungan jangka panjang dengan
pelanggan.
- Tingkatkan Jumlah Rata-rata Pembelian.
Dari
jumlah transaksi tersebut, hitunglah rata – rata transaksi atau
pembeliannya. Ketika pelanggan Anda melakukan suatu pembelian, terus
tawarkan mereka dengan produk yang lain sehingga ada kemungkinan
bahwa penjualan Anda akan besar.
- Tingkatkan Margin Keuntungan.
Cara
untuk meningkatkan margin keuntungan ini yaitu dengan meningkatkan
harga jual produk Anda. Dalam menentukan harga, Anda harus benar –
benar berhati – hati. Karena ketika Anda menetapkan harga yang
terlampau tinggi, maka konsumen akan enggan membeli produk yang
mereka cari pada Anda. Tidak menutup kemungkinan jika masyarakat juga
memberikan persepsi atau cap bahwa bisnis Anda merupakan bisnis
dengan produk yang mahal harganya.
Salah
satu tantangan dalam berbisnis adalah munculnya pesaing dalam bisnis
yang serupa. Persaingan dalam bisnis memang akan selalu ada dan tak
bisa dihindari. Anda harus mempunyai bekal dalam menghadapi
persaingan ini agar tidak kalah saing. Persaingan menjadi hal mutlak
yang harus dihadapi oleh para pebisnis. Strategi pesaing dalam
merebut pasar tidak jarang membuat pebisnis panik. Kemudian strategi
potongan harga misalnya yang kerap menjadi pilihan jalan keluar yang
diambil. Cara ini bisa saja menaikkan angka penjualan dengan risiko
berkurangnya keuntungan. Namun, apabila cara ini terus diterapkan
bisa jadi justru menyeret bisnis yang telah Anda bangun ke dalam
jurang kebangkrutan. Dalam menjalankan bisnis, ada beberapa hal yang
harus dipersiapkan untuk menghadapi persaingan bisnis tersebut,
antara lain:
- Konsep yang matang.
Menjalankan
bisnis tak hanya butuh ide semata. Namun, sebuah konsep bisnis yang
matang juga sangat diperlukan. Konsep bisnis yang matang akan
membantu Anda untuk bisa mengenali berbagai potensi dan pangsa pasar
yang ingin dituju dalam bisnis. Selain itu konsep bisnis matang juga
akan membuat bisnis bisa berjalan lebih maksimal. Dalam menentukan
konsep bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain,
selera masyarakat, karakteristik atau gaya hidup masyarakat, daya
beli, sumber bahan baku, sampai adanya bisnis sejenis.
- Perencanaan matang.
Konsep
bisnis yang matang akan membantu Anda untuk membuat perencanaan
bisnis yang juga matang. Dalam berbisnis tidak bisa asal - asalan
karena dalam berbisnis, Anda mempertaruhkan investasi yang cukup
banyak. Jika perencanaannya tidak matang, semuanya akan menjadi sia -
sia dan rugi besar. Dalam perencanaan yang matang, sebuah rencana
bisnis harus dibuat. Yang termasuk dalam rencana bisnis tersebut
antara lain : menjabarkan konsep bisnis, visi misi, rencana promosi,
rencana pemasaran, karyawan, rencana pengaturan keuangan, sampai
dengan menentukan analisis risiko yang mungkin dialami dalam bisnis.
Dengan adanya perencanaan yang matang, Anda bisa menentukan jalan
keluar atau solusi atas setiap masalah yang mungkin akan dihadapi,
termasuk menghadapi persaingan bisnis yang serupa.
- Produk unggulan.
Tidak
perlu panik dengan ulah para pesaing yang mulai menarik hati pasar.
Lihat produk apa saja yang Anda punya, bandingkan dengan produk -
produk yang dimiliki para pesaing, dan perhatikan produk apa yang
tidak dimiliki oleh pesaing. Jadikan produk itu sebagai produk
unggulan Anda.
- Peningkatan kualitas.
Kualitas
menjadi aset yang sangat berharga dalam sebuah usaha. Kualitas produk
atau pelayanan yang tidak baik tentu bisa membuat pelanggan kabur dan
membuat para calon pembeli tidak lagi tertarik hingga beralih kepada
para pesaing. Tak perlu melakukan perang harga dengan memberikan
diskon besar
- besaran untuk
terlihat menarik. Tingkatkan saja kualitas pelayanan dan produk lebih
dari yang para pesaing lakukan, maka para pelanggan akan setia dan
calon pembeli pun akan datang.
- Fitur berbeda.
Apabila
produk Anda dengan produk pesaing mirip, buatlah fitur unggulan yang
berbeda dari pesaing tersebut. Pembeli akan tertarik dengan produk
Anda yang memiliki fitur unggul meskipun harganya di atas produk
pesaing Anda.
- Fasilitas dan Kenyamanan.
Di
era digital ini, hampir semua hal dilakukan serba digital demi alasan
kenyamanan dan kecepatan. Menjamurnya situs belanja online bisa
menjadi indikatornya. Dengan memberikan fasilitas dan kenyamanan
kepada calon pembeli atau pelanggan
tentu akan memberikan perbedaan dan membuat produk dan jasa Anda
terlihat menarik.
- Evaluasi dan inovasi.
Persaingan
dengan bisnis yang serupa seringkali tak bisa dihindari. Namun
sebenarnya, persaingan ini bisa membuat Anda jadi lebih kreatif untuk
berkreasi. Dengan adanya persaingan maka akan membuat Anda jadi lebih
inovatif untuk menciptakan sebuah nilai tambah dalam produk yang Anda
jual. Inovasi yang dilakukan dalam berbagai sisi akan menarik
pelanggan untuk melirik produk Anda disbanding produk pesaing. Selain
inovasi, diperlukan juga evaluasi terhadap kelangsungan bisnis Anda.
Anda tidak bisa begitu saja tutup mata dalam menjalankan bisnis
karena sebuah evaluasi terhadap kekurangan dan nilai lebih dalam
berbisnis juga diperlukan untuk semakin memajukan bisnis yang Anda
lakukan.
- Perluasan pasar.
Untuk
menghadapi persaingan bisnis, salah satu cara yang bisa digunakan
adalah dengan memperluas pasar produk. Perluasan pasar produk ini
bisa berarti memperluas fokus dan target pasar yang dituju. Misalnya,
jika awalnya Anda hanya menjual varian makanan pedas yang
diperuntukan untuk orang dewasa, tak ada salahnya apabila Anda
membuat varian menu baru yang bisa dinikmati oleh anak - anak.
Perluasan pangsa pasar ini juga akan menambah pendapatan sekaligus
memberi nilai tambah pada pelanggan terhadap produk yang dijual.
Selain memperluas pangsa pasar, perluasan pasar juga bisa dilakukan
dengan membuka cabang - cabang usaha baru. Cabang usaha baru ini akan
membantu untuk menguasai pasar usaha sejenis. Namun, sebelum
melakukan perluasan cabang sebaiknya sistem usaha sudah kuat dan
stabil.
- Standarisasi
Memiliki banyak cabang usaha memang bisa membantu mengatasi persaingan ketat dalam bisnis. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah kesamaan varian produk yang dijual disemua cabang yang dimiliki. Standarisasi ini perlu dilakukan agar pelanggan tak kecewa ketika membeli produk Anda di cabang-cabang usaha. Standarisasi ini sangat diperlukan terutama jika Anda berbisnis kuliner. Standarisasi resep berfungsi untuk menghasilkan rasa yang seragam disemua cabangnya.Elisabeth Rindang P.Y3203013073
0 komentar:
Posting Komentar