Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Pro dan Kontra BBM

Pro dan Kontra BBM

Kenaikan harga BBM selalu menjadi topik hangat di Indonesia. Kenaikan harga BBM akan memicu naiknya pula harga kebutuhan pokok. Maka dari itu topik ini selalu menjadi permasalahan yang dihadapi Indonesia. Subsidi BBM tidak lagi dianggap efektif untuk menyelesaikan masalah BBM, disamping itu kenaikan harga minyak dunia yang selalu menanjak membuat tanggungan pemerintah semakin besar.


 Pemerintah mengambil kebijakkan kenaikan harga BBM tidak tanpa alasan. Alasan pemerintah untuk menaikkan harga BBM sangatlah berdasar. Menurut Managing Director Katadata Ade Wahyudi, Indonesia merupakan salah satu negara paling boros mengalokasikan dana subsisdi untuk energi di Asia dengan anggaran sebesar 3% dari Produk Domestik Bruto (PDB). Dimana dari anggaran ini 53%-nya atau sekitar Rp 210 triliun dimanfaatkan oleh kendaraan pribadi sedangkan 3%-nya merupakan angkutan umum. Konsumsi BBM yang berlebihan ini menyebabkan impor minyak meningkat dan menimbulkan defisit perdagangan minyak dan gas (Migas) dan neraca pembayaran. Defisit ini mengakibatkan nilai tukar rupiah melemah.


 Kenaikan harga BBM selalu diikuti dengan kenaikan harga kebutuhan pokok. Hal ini menyebabkan inflasi yang tak terkontrol. Inflasi yang tinggi menyebabkan daya beli masyarakat menurun, jika daya beli masyarakat menurun maka pendapatan nasional pun akan menurun. Hal ini sangat berdampak langsung pada masyarakat, terutama masyarakat miskin. Ternyata tak hanya masyarakat miskin yang pusing akan hal ini, tapi industrialisasi juga merasa kecewa terhadap keputusan tersebut. Kenaikan harga BBM menyebabkan biaya operasional dan biaya produksi meningkat sehingga tidak menutup kemungkinan perusahaan akan mengurangi tenaga kerja, bahkan gulung tikar. Dengan begitu akan menyebabkan semakin banyaknya pengangguran dan kemiskinan yang terjadi di Indonesia.


 Perlu diketahui sejak tahun 2013 Indonesia menjadi importir minyak karena produksi menurun dan sebaliknya konsumsi terus meningkat. Sehingga anggaran subsidi BBM yang dialokasikan sangatlah besar dan menjadi timpang terhdap anggaran untuk infrastruktur, kesehatan, dan pemberantasan kemiskinan. Subsidi yang diberikan menjadikan harga minyak sangatlah rendah dan kurang memicu tumbuhnya energi alternatif lain yang dapat digunakan seperti gas alam, panas bumi, dan bio energy.




Dalam situasi ekonomi masyarakat yang sulit, maka kenaikan BBM bisa kontraproduktif. Kenaikan harga BBM akan menimbulkan kemarahan massal, sehingga ketidakstabilan dimasyarakat akan meluas. Sebagian masyarakat merasa tidak siap untuk menerima kenaikan harga BBM. Kenaikan harga BBM ini merupakan tindakan pemerintah yang beresiko tinggi. Meskipun demikian, kenaikan harga BBM juga dapat menimbulkan dampak yang positif,  munculnya bahan bakar dan kendaraan alternative, pembangunan nasional akan lebih pesat, hematnya APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).


Dilihat dari berbagai aspek, keputusan menaikkan harga BBM dinilai paling pas bagi pemerintah. Walaupun banyak pro dan kontra terhadap masalah ini, tetapi itulah kenyataan yang harus dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Jadi, sebagai warga negara yang baik hendaknya kita menerima keputusan pemerintah yang baru ini. Ada alasan yang kuat yang mendasari keputusan ini.

Fransisca Hartoyo
3203013022

1 komentar:

  1. Info buat semuanya siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,,,,,

    Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 457juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada Ki Barong beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu Abah Rakso dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini saya dan keluarga mengucapkan Terimahkasi Banyak Ki Barong atas jasanya,,
    Dan jika Anda punya masalah seperti ini
    1.Dililit hutang
    2.selalu kalah main togel
    3.masalah Ekonomi
    4.masalah bisnis/kerja’an
    Dan masih banyak yg ngk bisa di sebut satu per satu intinya
    jika Anda ingin mengaduh nasip atau berminat di bantu dalam kesulitan yg Anda punya silahkan TLPN Ki Barong
    NO TLPN:0852 8895 8775
    Atau kunjungi web beliau jika kurang mengerti di http://ramalan-toto.blogspot.com/
    Ingat apapun Masalah atau Musibah Anda tidak ada salahnya mencoba silahkan Sampaikan
    Semuanya sama Beliau,yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu suatu keajaiban

    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    BalasHapus

Arsip Blog