Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » SEPENTING APAKAH PABU BAGI LAPORAN KEUANGAN??

SEPENTING APAKAH PABU BAGI LAPORAN KEUANGAN??

Dalam pembuatan laporan keuangan seharusnya perusahaan menggunakan standart audit yang berlaku umum. Laporan keuangan adalah suatu asersi yang disusun berdasarkan suatu standart atau kriteria yang diterima secara umum dalam praktek bisnis. Namun dalam kenyataan banyak perusahaan yang membuat laporan keuangannya tidak sesuai dengan standart berlaku umum. Sehingga banyak auditor dalam memberi pendapat tentang laporannya memilih untuk tidak memberi pendapat atau memberi pendapat dengan kalimat penjelas. Bayangkan jika tidak ada PABU maka sebuah entitas akuntansi harus membuat laporan keuangan dalam banyak format atau versi karena banyaknya pihak yang berkepentingan dalam laporan keuangan tersebut.
 Sebenarnya apa sih PABU itu sehingga berperan sekali dalam laporan keuangan ?. Prinsip Akuntansi yang berlaku umum (PABU) adalah seperangkat prinsip akuntansi, standar dan prosedur yang digunakan perusahaan untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. PABU adalah kombinasi standar otoritatif (yang ditetapkan oleh dewan pembuat kebijakan) dan hanya cara yang diterima secara umum pencatatan dan pelaporan informasi akuntansi. Dalam PABU memuat rerangka pedoman berisi komponen-komponen yang tersusun secara hierarkis baik atas dasar tingkat konseptual maupun auotoritas. Rerangka pedoman ini mengalami perkembangan sesuai dengan kebutuhan praktik dan profesi, sehingga memunculkan beragam versi mengenai PABU. Versi-versi PABU yang muncul adalah PABU versi APB, versi Rubin, versi SAS No. 69 dan versi SPAP.
Laporan keuangan dan laporan audit sangatlah berguna informasinya bagi masyarakat yang berkepentingan atas prinsip akuntansi tersebut. Mereka yang berkepentingan atas laporan keuangan dan audit terdiri dari banyak pihak yakni kalangan akademis, analisis pasar modal, pemerintah, pengusaha, karyawan dan lain-lain. Maka laporan keuangan dan laporan audit harus dibuat sesuai standart yang berlaku umum agar mudah dipahami oleh yang berkepentingan. Kepentingan mereka berbeda-beda maka laporan keuangan dan audit perusahaan harus mampu memberi informasi dan menjawab semua kebutuhan para penggunanya. Lembaga pemeritah yang berkepentingan dalam informasi dari laporan keuangan dan audit adalah pihak BAPEPAM, Bank Indonesia, Direktorat Jendral Lembaga Keuangan dan Dirjen Pajak.
PABU ini dibentuk oleh 2 pedoman yaitu: pedoman yang ditentukan secara resmi oleh badan yang berwenang dalam bentuk standar akuntansi / juga pedoman-pedoman yang baik . Pedoman ke 2 tengah banyak dipraktikkan dapat digunakan sebagai acuan bila hal tersebut tidak bertentangan dengan rerangka konseptual / didukung berlakunya secara autoritatif. Kegunaan / peran PABU dalam laporan keuangan yaitu memberi batasan / definisi berbagai elemen, pos, / objek statemen keuangan / istilah yang digunakan dalam pelaporan keuangan agar tidak terjadi kesalahan klasifikasi oleh penyusun dan kesalahan interpretasi oleh pemakai. Salah satu disiplin ilmu yang terkait tapi tetap terpisah dari akuntansi yaitu auditing, adalah suatu proses dimana pemeriksa independen memeriksa laporan keuangan suatu organisasi untuk memberikan suatu pendapat atau opini yang masuk akal tapi tak dijamin sepenuhnya mengenai kewajaran dan kesesuaiannya dengan Prinsip Akuntansi yang Berterima Umum (PABU). PABU membantu para akuntan dalam menerapkan prinsip-prinsip yang konsisten pada organisasi yang berbeda. Sebenarnya PABU banyak memberi bantuan bagi semua pihak yang akan membuat keputusan dan membuat susunan laporan keuangan.
Bentuk dari PABU mencakup konvensi, aturan dan prosedur yang diperlukan untuk merumuskan praktik akuntansi yang berlaku umum pada saat tertentu. Menurut Miller (1985) menyatakan prinsip akuntansi berlaku umum (PABU) merupakan rajutandari berbagai aturan dan konsep. Aturan dan konsep ini awalnya dikembangkan dari praktik tetapi telah ditambah dan dikurangi oleh badan yang mempunyai otoritas. Sebenarnya profesi akuntansi telah mengembangkan standart yang berlaku umum dan diterima universal. Standart ini dinamakan sebagai prinsip-prinsip berlaku umum, standart ini diperlukan sebagai patokan / pedoman dalam penyusunan laporan keuangan yang baku.
Dengan adanya standart ini, banyak keuntungan yang didapat oleh banyak pihak. Salah satunya contohnya yaitu pihak manajemen keuangan selaku pengelola dana dan aktivitas operasional perusahaan dapat mencatat, mengikhtisarkan dan melaporkan seluruh hasil kegiatan operasional maupun financial perusahaan secara tepat dan transparan. Laporan keuangan yang telah disusun manajemen keuangan berdasarkan prinsip akuntansi berlaku umum ini merupakan salah satu bentuk dari tanggung jawab seorang manajemen keuangan. Dengan adanya PABU pihak yang menggunakan laporan keuangan bebas dari informasi yang menyesatkan bagi mereka dan pihak yang berkepentingan dapat memahami informasi yang dibutuhkan oleh mereka secara efektif dan efisien. Maka dengan demikian PABU sangatlah berperan penting dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan.

Alberta D. Sylviana
3203012084

5 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus
  2. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus
  3. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    BalasHapus
  4. BERITA BAGUS UNTUK ANDA
    Apakah Anda telah ditolak akses ke pinjaman keuangan untuk membeli rumah, mobil, untuk membiayai diri sendiri atau mendirikan bisnis.
    Jangan khawatir lagi ... Cepat dan ajukan pinjaman lunak cepat Anda di PERUSAHAAN PINJAMAN GARY REYMOLDS.
    Kami memberikan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dengan tingkat bunga rendah 2%.
    Hubungi kami melalui E-mail: garyreymolds36loanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  5. My name is Reni Alida, I want to use this media to remind all loan seekers to be very carefull/vigilant, because there are frauds and fake loan company everywhere, they will send fake loan agreement documents to you and they will say there are no payments upfront, but they are fraudstarts, because they will then ask for payment of license fees and transfer fees, so be careful of those fraudulent Loan Companies.

    A few months ago I was financially tense and desperate, I was tricked by several online loan company. I almost lost hope until God used my friend who referred me to a very reliable lender called Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, who lent me an unsecured loan of Rp.600,000,00 (600 thousand) in less than 24 hours and the interest rate was only 2% .

    I was very surprised when I checked my bank account balance and found that the amount I applied was sent directly to my bank account without delay.

    Because I promise that I will share the good news, so that people can get loans easily without stress. So, if you need any loan,do not hesitate please contact her via real email: Elizebethisaacloancompany@gmail.com and by God's grace she will never let you down in getting a loan if you obey her terms and condition.

    You can also contact me at my email: renialida@gmail.com. All I will do is try to fulfill my loan payments that I send directly to their accounts monthly.

    BalasHapus

Arsip Blog