Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Standar Akuntansi Keuangan dan Perkembangannya di Era Global

Standar Akuntansi Keuangan dan Perkembangannya di Era Global

Sebelum mengetahui perkembangan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang ada, ada baiknya jika kita memahami arti dari SAK itu sendiri.
Standar Akuntansi Keuangan merupakan suatu kerangka dalam prosedur pembuatan laporan keuangan  agar terjadi keseragaman dalam penyajian laporan keuangan.

SAK di Indonesia merupakan terapan dari beberapa standard akuntansi yang ada seperti, IAS, IFRS, ETAP, GAAP. Selain itu ada juga PSAK syariah dan juga SAP.
Pada PSAK-IFRS, SAK ETAP ditetapkan oleh Dewan Standar Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia. PSAK Syariah diterbitkan oleh Dewan Akuntansi Syariah sedangkan SAP oleh Komite Standar Akuntansi Pemerintah.

Pada era global dunia ini, perubahan semakin hari berkembang dengan sangat pesat. Dan dengan adanya perkembangan itu membuat seluruh bagian di dunia ini hampir menyatu di dalam sebuah komunitas tunggal dengan teknologi komunikasi serta teknologi informasi yang menjadi jembatan penyambung di seluruh dunia.

Dengan semakin kecilnya sekat-sekat demografi ini, menimbulkan adanya sebuah tuntutan untuk menampilkan transparansi yang ada di semua bidang, terutama pada bagian akuntansi. Dan yang menjadi salah satu dari prasarana yang penting untuk mencapai tranparansi tersebut adalah standar akuntansi keuangan. Standar akuntansi keuangan ini jika diibaratkan bagaikan sebuah cermin, dimana ketika kondisi bisnis sedang dalam kondisi yang baik, maka cermin ini akan menampilkan hal yang baik pula dan begitu pula sebaliknya.
Oleh karena itu, pengembangan standar akuntansi keuangan yang baik, sangat relevan dan mutlak diperlukan pada masa sekarang ini.

IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) yang merupakan wadah profesional para akuntan yang ada di Indonesia selalu tanggap dengan fenomena yang ada di negeri ini, terutama di bidang dunia usaha serta profesi. 
Dengan kawalan dari IAI ini setidaknya ada sekitar 3 tonggak sejarah di dalam perkembangan sitem akuntansi keuangan ini.  Sejarah pertama adalah di tahun 1973 ketika menjelang pengaktifan pasar modal yang ada di Indonesia. Inilah periode pertama ketika IAI melakukan pembukuan hukum-hukum dan prinsip (kodifikasi) terkait prinsip serta standar akuntansi di Indonesia.

Selanjutnya perubahan yang kedua adalah yang terjadi pada tahun 1984 yang ketika itu komite Prinsip Akuntansi Indonesia merevisi hal yang paling mendasar dari PAI 1973 serta juga melakukan kodifikasi ulang yang mana kodifikasi prinsip ini bertujuan untuk melakukan penyesuaian di dalam ketentuan akuntansi yang diselaraskan dengan perkembangan teknologi di dunia usaha yang semakin cepat.

Perubahan yang ketiga terjadi di tahun 1994, yang mana ketika itu PAI melakukan sebuah revisi total secara keseluruhan dari PAI 1984 dan juga melakukan kodifikasi ulang. Ada perubahan Kiblat dari US GAAP ke IFRS, hal ini ditunjukkan Sejak tahun 1994, telah menjadi kebijakan dari Komite Standar Akuntansi Keuangan untuk menggunakan International Accounting Standards sebagai dasar untuk membangun standar akuntansi keuangan Indonesia.

Selain itu di tahun 1994 ini, IAI sudah memberikan sebuah keputusan untuk melakukan sebuah harmonisasi dengan sistem standar akuntansi yang berlaku secara internasional. Sehingga diperlukan sebuah adapatasi dan juga adopsi untuk mencapai kovergensi di beberapa tahun ke depan. Dan pada tahun 1995, IAI melakukan revisi besar untuk menerapkan standar-standar akuntansi baru, yang kebanyakan konsisten dengan IAS.

Standar akuntansi keuangan akan terus mengalami perkembangan secara berkesinambungan, untuk beradapatasi dengan perubahan global yang terjadi dan perubahan  di dunia ini.

Yulia
3203012062

1 komentar:

  1. Anda berada di kesulitan keuangan? Apakah Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri? Perusahaan pinjaman didirikan organisasi hak asasi manusia di seluruh dunia dengan tujuan tunggal membantu orang miskin dan orang-orang dengan kesulitan keuangan yang hidup. Jika Anda ingin mengajukan pinjaman, kembali ke kami dengan rincian di bawah email: julietowenloancompany@gmail.com


    Nama lengkap:
    jumlah pinjaman :
    Pinjaman Durasi:
    Pendapatan bulanan :
    negara:
    Seks:
    Nomor telepon:
    Tanggal lahir :

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    JULIETOWENLOANCOMPANY
    (Julietowenloancompany@gmail.com)
    Ibu Juliet

    BalasHapus

Arsip Blog