Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » APAKAH MANFAAT PERSAINGAN BISNIS?

APAKAH MANFAAT PERSAINGAN BISNIS?

Persaingan dalam bisnis bukanlah merupakan hal yang baru lagi. Tanpa persaingan,bisnis tak akan maju, karena tak akan ada pesaing yang ada untuk memberikan banyak perubahan positif pada para pelanggan atau konsumen. Padahal tuntatan konsumen dari waktu ke waktu bukan saja terus berkembang dan bervariasi, tetapi akan menjadi spesifik dan lebih personal.

Tuntutan konsumen untuk kebutuhannya memang tidak sepenuhnya didorong dari dalam, karena tak jarang dorongan itu juga datang dari luar. Industri atau produsen, dapat dianggap menjadi mesin pendorong dalam menciptakan berbagai kebutuhan baru dikalangan konsumen, dan itu lebih tertuju pada produk atau jasa. Namun, konsumen pun tidak jarang mencari kebutuhan baru, misalnya keinginan untuk dilayani sesuai kebutuhannya, yang saat ini tampaknya lebih pada layanan-layanan yang lebih personal. Layanan personal ini, bukan saja menjadi monopoli golongan atas melainkan kalangan menengah juga semakin menutut hal itu.

Karena itu, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia, diminta agar dapat menciptakan layanan yang lebih personal, tingkatnya bisa jadi berbeda-beda, namun tren tersebut sudah mengarah ke sana sehingga mau tak mau, industri atau produsen harus mampu membangun eksistensi melalui peningkatan daya saing bisnis dari perusahaannya.

Beberapa hal penting, yang sekaligus menjadi kepentingan strategis bisnis, yang seharusnya menjadi perhatian para pengelola bisnis, terutama dalam meningkatkan daya saing mereka adalah : manajemen kepatuhan, management profitabilitas, peningkatan proses, management biaya, peningkatan kinerja, dan business innovation. Dengan semakin meningkatknya penerapan teknologi informasi (TI) di banyak perusahaan yang menghadapi lingkungan bisnis yang sangat kompetitif saat ini, maka sangat perlu dilakukan penyelarasan antara bisnis dan TI. Dengan menerapkan beberapa hal penting ini, yang berarti menerapkan manajemen peningkatan kinerja yang tepat, maka semakin memungkinkan tercapainya keberhasilan pengolalaan bisnis yang optimal.

Peningkatan kinerja bisnis ,pada saat ini harusnya berdampak pada kualitas pelayanan kepada pelanggan, tentu pada akhirnya akan kembali lagi pada respon pelanggan terhadap produk atau jasa yang disediakan perusahaan, yang muncul dalam bentuk peningkatan pembelian yang mendorong peningkatan revenue. Hal ini tentu akan berdampak pada pendapatan perusahaan dan sekaligus mempertahankan eksistensi perusahaan dalam pusaran persaingan yang sangat kompetitif dewasa ini.

Pelanggan yang loyal merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi perusahaan. Maksudnya loyalitas adalah komitmen yang mendalam untuk melakukan pembelian ulang suatu produk/jasa yang disukai secara konsisten di waktu yang akan datang. Perusahaan diuntungkan dengan adanya pelanggan yang loyal, terutama menghemat biaya perolehan (mendapatkan) pelanggan-pelanggan baru di tengah-tengah iklim kompetisi yang ketat.

Persaingan merupakan kondisi yang sangat baik bagi pebisnis untuk membuktikan kemampuannya dalam menjalankan bisnis. Dalam persaingan yang sangat ketat, kemampuan berdaganglah yang menjadi penentu. Perpaduan antara kejujuran dan strategi akan menentukan keberhasilan seorang pebisnis. Kondisi persaingan yang sehat akan memunculkan tumbuhnya kepercayaan antar para pegiat bisnis. Pesaing, pembeli, dan juga pemodal akan merasakan keuntungan dari persaingan yang sehat. Pembeli tidak akan tertipu, karena mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang wajar. Pesaing kita tidak akan kecewa karena kita tidak menjatuhkan harga atau mengatakan jelek kualitas barang yang dijualnya. Dan pemodal mendapatkan keuntungan yang lumayan karena usahanya dijalankan dengan benar, tanpa khawatir ditipu oleh yang mengelola perniagaannya.

Andrian Winata
3203012333

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog