Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » PROPOSAL PROYEK " PEMBANGUNAN POLITEKNIK TATABOGA LA SFERA"

PROPOSAL PROYEK " PEMBANGUNAN POLITEKNIK TATABOGA LA SFERA"

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendidikan merupakan hak setiap warga negara Indonesia dan oleh sebab itu pemerintah berkewajiban untuk memenuhi hak-hak pendidikan setiap warga negara tersebut. Bertujuan untuk “mencerdaskan kehidupan bangsa” tertulis jelas dalam preambule Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945. Pendidikan tidak hanya bersifat formal semata seperti mengenyam pendidikan mulai dari bangku TK, SD, SMP, SMA hingga Perguruan Tinggi saja namun juga bisa bersifat non-formal seperti pendidikan tata boga.
Meningkatnya animo dan antusiasme masyarakat tentang dunia kuliner menyebabkan dunia kuliner berkembang pesat baik dari segi popularitas maupun dari segi profesi karier. Karier maupun profesi di masa depan yang sangat menjanjikan menjadi magnet tersendiri bagi setiap lulusan SMA/SMK/sederajat untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah tinggi jurusan tata boga. Mereka yang berniat untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di jurusan tata boga tidak hanya didorong oleh faktor tunggal saja, melainkan banyak faktor yang mendorong. Tidak hanya karena faktor ekonomi yang didapat dari karier maupun profesi saja namun alasan lainnya ialah ingin belajar maupun memperdalam ilmunya di bidang tersebut yakni tata boga.
Manusia tidak mungkin tidak makan, manusia pasti makan. Hal itulah yang menyebabkan bisnis kuliner ialah bisnis yang tidak akan pernah mati. Makanan merupakan kebutuhan pokok, bisnis sangat dilirik karena memiliki keuntungan yang besar. Karena itu pendidikan kuliner akan sangat diminati oleh banyak orang dan akan memiliki prospek bisnis yang baik. Selain itu ibu-ibu rumah tangga juga memerlukan pendidikan tentang kuliner agar bisa membuat resep-resep yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
Kurang dari 1% masyarakat indonesia masih belum mengenyam pendidikan yang setara dari pendidikan S1. Maka dari itu diperlukan pendidikan yang terjangkau dan bermutu. Pendidikan nonformal juga diperlukan untuk mengasah softskill masyarakat dan mendukung masyarakat untuk bisa berwirausaha.

B. Tujuan
  • Tujuan Umum :
  • Membuat lulusan-lulusan memiliki teknik yang baik dalam mengelola makanan
  • Mencetak lulusan-lulusan yang memiliki standart kemampuan yang tinggi
  • Mengembangkan dunia bisnis kuliner di Indonesia
  • Tujuan khusus
  • Membuat mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas tentang dunia kuliner
  • Membuat semua mahasiswa menjadi mahasiswa yang kreatif
  • Membuat mahasiswa memahami kandungan gizi dalam makanan

C. Manfaat
  • Mahasiswa bisa mengerti tentang kandungan dalam makanan
  • Mahasiswa mampu membuat resep-resep yang berinovasi
  • Mahasiswa bisa mengembangkan kemampuan memasak yang dimiliki
  • Mahasiswa memahami bahan-bahan yang baik dan yang tidak baik dikonsumsi
  • Mahasiswa mempelajari tentang teknik-teknik dalam memasak dengan baik
  • Mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan bisnis di bidang kuliner




BAB II
STUDI KELAYAKAN

Besar harapan kami agar proposal pembuatan politeknik tataboga ini dapat diterima oleh para investor yang dapat membantu berjalannya rencana pembangunan kami ini. Menurut kami, kemampuan tataboga tiap orang perlu untuk dikembangkan. Banyak manfaat dan sisi positif yang dapat diambil dari pembangunan politeknik tataboga ini.
Sisi-sisi positif tersebut antara lain :
  1. Meningkatkan kemampuan dalam bidang tataboga
  2. Memberikan pengalaman memasak kepada mahasiswa yang ingin belajar
  3. Mengurangi biaya membeli makanan dari luar (lebih baik masak sendiri)
  4. Dapat digunakan sebagai peluang membuka lapangan pekerjaan
Konsep yang kami pikirkan bersama tidak hanya sekedar membangun politeknik tataboga saja. Namun, mahasiswa yang sedang menjalani perkuliahan maupun yang telah lulus akan dijamin kemapanan kerjanya. Di samping politeknik tataboga ini senantiasa dibangun rumah makan yang terbuka untuk umum dimana para mahasiswa dan alumni yang akan menjadi koki dalam rumah makan tersebut. Hal ini dilakukan agar pembekalan selama kuliah di politeknik tataboga segera dapat dipraktekkan secara lebih riil dengan berhubungan langsung bersama pelanggan. Pihak universitas akan mengambil hak atas uang yang diberikan konsumen, tetapi tidak seluruhnya. Mahasiswa yang magang atau yang telah menjadi pegawai tetap akan digaji oleh universitas. Keuntungan parkir kendaraan pelanggan akan menjadi pendapatan juga bagi rumah makan tersebut. Tentu saja proses produksi dan kegiatan sehari-hari dalam mengelola rumah makan akan meminta kerjasama dari politeknik lain misalnya politeknik ekonomi dalam hal keuangan dan manajerial.
Kemudian untuk pemilihan lokasi pembangunan, terletak pada lokasi yang sangat strategis, yaitu :
  1. Dekat dengan SMK yang memiliki jurusan tataboga sehingga banyak siswa yang mungkin memilih universitas kami.
  2. Terletak pada jalan yang mudah dijangkau, tidak sulit kendaraan.
  3. Tempat dan bangunan dibuat mudah terlihat walaupun dari jarak jauh.
  4. Dekat dengan sumber bahan baku.
  5. Biaya pajak dari pemerintah pun juga rendah.
Kami dapat memastikan apabila mahasiswa yang berkuliah di politeknik tataboga kami, akan menjadi sangat berkualitas. Biaya kuliahnya pun juga tidak mahal karena kami membangun universitas semata-mata tidak untuk mencari keuntungan sepenuhnya melainkan demi tujuan sosial secara garis besar.
Dosen yang direkrut dalam universitas ini adalah koki-koki handal yang sudah terbukti kualitasnya. Mereka ada yang berasal dari dalam negeri dan ada pula yang dari luar negeri. Banyak cara yang akan mereka ajarkan misalnya membiarkan mahasiswa melakukan eksperimen terlebih dahulu tanpa diajarkan materi. Hal tersebut guna menuntut kreativitas mahasiswa. Namun, dosen tidak akan membiarkan bahkan melepas mahasiswa untuk belajar sendiri. Di sini, dosen dan mahasiswa akan sama-sama belajar.
Gedung politeknik tataboga yang akan kami bangun ini tergolong cukup luas, yaitu sekitar 1,5 hektar yang sudah termasuk rumah makan beserta lahan parkir. Lahan parkir yang tersedia memungkinkan mahasiswa dan dosen serta warga kampus untuk mudah memarkirkan kendaraan pribadinya tanpa harus berdesak-desakan, khususnya sepeda motor. Memang lahan parkir sengaja disediakan tidak terlalu luas karena pembangunannya disusun keatas. Lahan kampus seluas 1,5 hektar tersebut tidak hanya dibangun untuk gedung saja melainkan akan ada sebagian lahan yang digunakan untuk menanam pepohonan terutama bahan baku pokok untuk mendukung perkuliahan tataboga. Mahasiswa serta seluruh warga politeknik berhak untuk menjaga lahan perkebunan tersebut. Semua biaya perawatan akan ditanggung oleh pihak universitas, mahasiswa yang merawatnya. Dengan demikian, mahasiswa dan warga lain dalam politeknik tataboga tidak akan bosan dengan keadaan kampus.
Seiring dengan kemajuan jaman, teknologi yang digunakan dalam politeknik tataboga akan menggunakan teknologi yang maju baik bagi peralatan dan perlengkapan yang menjadi pendukung utama maupun peralatan dan perlengkapan pembantu dalam proses perkuliahan. Mahasiswa tentu boleh membawa gadget sendiri untuk mendukung proses belajar. Bahkan jika mahasiswa memiliki pengetahuan lebih tentang teknologi, boleh mengajukan proposal agar politeknik tataboga menggunakan teknologi tersebut sehingga tidak ketinggalan jaman atau manual. Misalnya teknologi dalam penggunaan daftar presensi. Mahasiswa boleh mengusulkan untuk tidak menggunakan kertas lagi seperti mungkin pada SMK/SMA-nya dulu melainkan dapat menggunakan scan sidik jari atau wajah. Oleh karena itu, politeknik tata boga akan mempunyai ahli IT dalam mengawasi penggunaan teknologi-teknologi di dalam kampus.
Jika rencana pembangunan kami ini dapat berjalan dengan lancar, mahasiswa-mahasiswa baru akan memperoleh seragam koki dan peralatan dapur secara gratis. Mereka tidak perlu membayar uang peralatan tersebut. Namun, kami juga membuka koperasi yang menjual keperluan kampus. Bagi mahasiswa yang memerlukan peralatan memasak atau yang peralatannya sudah rusak, dapat membelinya di koperasi. Harga sesuai kantong mahasiswa karena kami mampu mengambil produk tersebut secara langsung dari pemasok yang memiliki hubungan kerja dengan politeknik tataboga kami.
Politeknik tataboga ini akan dijalankan dengan ramah lingkungan. Karena limbah-limbah kampus akan dikumpulkan di suatu tempat tertentu, dipisahkan menjadi jenis yang dapat diuraikan dan tidak dapat diuraikan. Sampah-sampah yang tidak dapat diuraikan akan diambil alih oleh koperasi untuk dibentuk menjadi kerajinan tangan sehingga dapat bernilai maupun dapat dijadikan hiasan kampus. Sedangkan sampah yang dapat diuraikan akan dijual oleh pihak kampus kepada perusahaan pembuatan kompos atau peternakan sehingga selain ramah lingkungan juga mampu memberikan pendapatan bagi politeknik tataboga.
Kami dapat memastikan bahwa para investor tidak akan rugi karena mereka akan mendapat sebagian laba dari universitas berupa tunai sesuai ketentuan. Selain itu, produk-produk dari para investor selaku produsen akan kami gunakan dalam proses perkuliahan. Hal ini demi memperkenalkan produk-produk investor agar lebih dikenal oleh masyarakat bahkan apabila terjadi respon dan efek jangka panjang. Misalnya para mahasiswa yang puas dalam menggunakan produk investor karena memiliki rasa yang enak atau alatnya yang tidak mudah rusak akan menyampaikan kepuasan tersebut dari mulut ke mulut. Sehingga dapat lebih banyak pula pelanggan yang dapat dijangkau.





BAB IV
PROFIL LA SFERA

4.1 Gambaran umum
Politeknik tata boga bernama La Sfera berada di Jalan Ciputra Blok AA No. 1-5 Surabaya, Indonesia. La sfera adalah sebuah politeknik pertama yang membuka politeknik tata boga di Surabaya yang berstandart internasional. La Sfera membuat politeknik dengan kemajuan teknologi yang maju dan sangat canggih untuk mendukung kegiatan sehari-hari dalam menemukan hal-hal baru yang dapat dipelajari. La Sfera meneliti setiap bahan makanan yang akan digunakan dan meramunya dengan tidak merubah gizi yang terkandung dalam makanan tersebut. La Sfera mengajarkan bukan hanya tentang memasak namun juga cara berbisnis yang baik untuk membangun kemandirian mahasiswa. La Sfera membentuk sebuah restoran yang nantinya akan memperkerjakan para mahasiswa yang akan lulus maupun yang telah lulus. La sfera selalu memberi dukungan bagi mahasiswa untuk membuka bisnis di bidang kuliner.
4.2 Visi dan misi
Visi :
  1. Menjadi politeknik terkemuka ditahun 2025 di Indonesia
  2. Menjadi politeknik terbaik dunia di tahun 2030
  3. Membuat lulusan-lulusan politeknik La Sfera menjadi lulusan yang beretika dan memiliki wawasan luas baik tentang tataboga maupun bisnis kuliner
  4. Membuka lebih dari 150 cabang restaurant diseluruh indonesia untuk mengembangkan bisnis tataboga yang akan dikelola mahasiswa
  5. Menjadi politeknik yang memiliki fasilitas IT terbaik di Asia
Misi :
  1. Memberikan penilaian yang akuntabel dan transparan pada mahasiswa
  2. Meningkatkan standart penilaian terhadap mahasiswa
  3. Memberikan pendidikan moral yang memadai
  4. Meningkatkan nilai bisnis La Sfera
  5. Meningkatkan fasilitas IT dan mengevaluasinya setiap tahun
4.3 Bidang Studi
  • Tata boga :
  1. Pemahaman bahan baku
  2. Analisis gizi bahan makanan
  3. Pemahaman zat-zat yang terkandung dalam makanan
  4. Dapat masakan Indonesia
  5. Dapat memasak masakan asia
  6. Dapat memasak masakan barat
  7. Berinovasi dengan resep pribadi

  • Bisnis :
  1. Pengantar bisnis
  2. Manajemen bisnis
  3. Akuntansi pengantar
  4. Kewirausahaan



BAB IV
ANALISIS LABA RUGI

Pendapatan :
  1. Uang Kuliah setahun Rp 4.500.000.000
(Rp 1.250.000/mahasiswa per bulan x 300 mahasiswa x 12 bulan)
  1. Uang Gedung Rp 1.500.000.000
(Rp 5.000.000/mahasiswa x 300 mahasiswa)
  1. Uang Registrasi Rp 30.000.000
(Rp 100.000/mahasiswa x 300 mahasiswa)
  1. Sumbangan Donatur Rp 1.147.800.000
Masako = Rp 200.000.000
Kecap ABC = Rp 120.000.000
Sunlight = Rp 242.800.000
Saori = Rp 130.000.000
Maxim = Rp 250.000.000
Panasonic = Rp 205.000.000
  1. Pendapatan Restoran Rp 120.000.000
(Rp 10.000.000 x 12 bulan)
  1. Pendapatan Koperasi Rp 24.000.000
(Rp 2.000.000 x 12 bulan)
  1. Pendapatan Parkir Restoran Rp 216.000.000
  2. Penjualan Limbah Rp 384.000.000
(Rp 32.000.000 x 12 bulan)
TOTAL PENDAPATAN : Rp. 7.921.800.000
Beban :
  1. Pendirian Bangunan Rp 1.875.000.000
(Rp 1,5 hektar x 1.250.000.000)
  1. Pembelian Peralatan Rp 2.500.000.000
Alat Dapur Rp 500.000.000
Papan Tulis Rp 150.000.000
LCD Rp 200.000.000
Komputer Rp 300.000.000
AC Rp 100.000.000
Kursi dan Meja Rp 550.000.000
Lampu Rp 150.000.000
Lift Rp 400.000.000
Check lock Rp 100.000.000
Jam Rp 50.000.000
  1. Gaji Dosen Rp 1.200.000.000
(Luar Negeri 5 orang x Rp 8.000.000 x 12 bulan)
(Dalam Negeri 10 orang x Rp 6.000.000 x 12 bulan)
  1. Gaji Karyawan Politeknik Rp 444.000.000
(IT 2 orang x Rp 5.000.000 x 12 bulan)
(Keuangan 3 orang x Rp 5.000.000 x 12 bulan)
(CS 10 orang x Rp 1.200.000 x 12 bulan
  1. Gaji Manajer dan Karyawan Restoran Rp 456.000.000
(Manajer 2 orang x Rp 4.000.000 x 12 bulan)
(Karyawan 10 orang x 3.000.000 x 12 bulan)
  1. Bahan Makanan untuk Kampus dan Restoran Rp 1.000.000.000
  2. Pembelian Bibit Tanaman Rp 10.000.000
  3. Persediaan Koperasi Rp 90.000.000

  1. Seragam Rp 30.000.000
(Rp 100.000/seragam x 300 mahasiswa)
  1. Utilitas Rp 168.000.000
(Listrik Rp 8.000.000 x 12 bulan)
(Air Rp 4.000.000 x 12 bulan)
(Telepon Rp 2.000.000 x 12 bulan)
  1. Gaji Satpam Rp 4.800.000
(4 orang x 1.200.000/satpam)
TOTAL BEBAN Rp 7.777.800.000
LABA Rp 144.000.000

BAB V
PENUTUP

Mendirikan suatu usaha mulai dari nol hingga berkembang merupakan suatu hal yang tidak mudah. Namun, tidak ada sesuatu yang mustahil untuk dapat diwujudkan. Salah satu penyakit di masyarakat Indonesia adalah ketergantungan serta kurangnya motivasi untuk berubah menjadi lebih baik, sehingga hal tersebut yang menjadi hambatan seseorang bahkan banyak orang yang memiliki bakat terpendam. Padahal negara kita kaya akan sumber daya alam maupun sumber daya manusianya, hanya saja penyakit masyarakat Indonesia tadi sudah melekat di setiap sendi-sendi negara dan mengakibatkan kita lemah dibanding dengan negara-negara maju.
Sebagai civitas Universitas Widya Mandala, kita mempunyai banyak modal positif, baik soft skill ataupun hard skill. Dengan modal inilah, kita yakin untuk melakukan usaha yang jauh lebih besar dalam menghadapi masalah ke depan. Dalam hal mengolah usaha Politeknik Tataboga ini terdapat kiat manajemen diri maupun manajemen kelompok yang menghasilkan manuever taktis dan strategis, sehingga dapat meminimalkan resiko atau kerugian dalam usaha. Setiap usaha memiliki berbagai tantangan dan cobaan yang tidak bisa dihindari, tetapi dapat diminimalisir bahkan dapat diolah menjadi senjata yang bermanfaat bagi kemajuan usaha. Menurut analisis kami, semua modal yang ditanamkan bisa kembali dalam setahun seperti yang telah terlampir di proposal kami bahkan terdapat laba sebesar Rp 144.000.000 dimana sebagian dari rupiah tersebut akan menjadi milik para investor. Tidak hanya keuntungan berupa rupiah yang akan diterima investor, namun juga keuntungan karena produk mereka dapat lebih dikenal masyarakat sehingga mampu meningkatkan penjualan investor yang juga bertindak sebagai produsen di dalam suatu perusahaan mereka masing-masing. Kami mencoba membangun bisnis yang tidak untuk keuntungan semata namun untuk kepentingan sosial dan terlebih untuk memajukan Indonesia dalam hal pendidikan.
Merupakan suatu kehormatan bagi kami selaku tunas-tunas muda yang baru, untuk mempersembahkan keinginan kami yang tertuang dalam proposal yang kami ajukan ini. Merupakan kebanggaan jika kiranya uluran tangan kami dapat disambut oleh semua pihak, agar dapat bekerja sama dengan kami, sehingga tujuan dan cita-cita kita bersama dapat terwujud demi kemajuan bangsa. Kritik dan saran sangat diharapkan guna kesempurnaan ide-ide kami dan guna pengembangan usaha-usaha yang kami lakukan. Semoga niat tulus kami dapat terwujud dengan baik dengan rahmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa demi keharuman bangsa dan negara kita. Terima kasih.

Nama Kelompok:
Rudy Hadi             3203013044
Yessika Hendrik    3203013045
Stefanie Rosalind  3203013046
Jefry Sayoga          3203013050
Elisabeth Rindang 3203013073

19 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang terdaftar, meminjamkan uang kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan mendesak, dan mereka yang telah ditolak kredit dari sana bank karena skor rendah kredit, pinjaman bisnis, pinjaman Pendidikan, mobil pinjaman, kredit rumah, kredit perusahaan (dll), atau untuk membayar utang buruk atau tagihan, atau yang telah scammed oleh pemberi pinjaman sebelum uang palsu? Selamat, Anda berada di tempat yang tepat, dapat diandalkan Pinjaman Perusahaan Ibu Kelly untuk memberikan pinjaman dengan tingkat bunga yang sangat rendah dari 2% telah datang untuk mengakhiri semua masalah keuangan Anda sekali dan untuk semua, untuk informasi lebih lanjut dan pertanyaan hubungi kami melalui email perusahaan kami: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu kelly

    BalasHapus

  2. Info buat semuanya siapa tau ini bisa
    berguna bagi Anda yg punya suatu masalah ataupun musibah yg sedang menimpah Anda,,,,,

    Kemarin keluarga kami mengalami suatu permasalahan yg begitu rumit dan sulit buat menyelesaikannya dan masalah tersebut yaitu: masalah Hutang sama rentenir sebanyak 457juta belum bunganya selama kurang lebih 4Thn,,,saya pun bingun harus bagaimana supaya hutang tersebut bisa terlunasi namun untungnya kami mendapat informasi dari seseorang yg saya kenal di media sosial,beliau memberi saran untuk mengaduh nasib dgn cara minta bantuan kepada Ki Barong beliau adalah orang Ahli Tentang Mistik atau Ghaib
    Awalnya si saya dan keluarga percaya ngk percaya,sayapun mencoba menghubungi beliau Alhasil kami dapat bantuan dari beliau kurang lebih setengah bulan kami di bantu Abah Rakso dan akhirnya uang pun terkumpul lebih dari cukup buat melunasi hutang piutang keluarga,Lewat postingan ini saya dan keluarga mengucapkan Terimahkasi Banyak Ki Barong atas jasanya,,
    Dan jika Anda punya masalah seperti ini
    1.Dililit hutang
    2.selalu kalah main togel
    3.masalah Ekonomi
    4.masalah bisnis
    5.masalah kerjaan
    Dan masih banyak yg ngk bisa di sebut satu per satu intinya
    jika Anda ingin mengaduh nasip atau berminat di bantu dalam kesulitan yg Anda punya silahkan TLPN Ki Barong
    NO TLPN:0852 8895 8775
    Atau kunjungi web beliau jika kurang mengerti di http://ramalan-toto.blogspot.com/
    Ingat apapun Masalah atau Musibah Anda tidak ada salahnya mencoba silahkan Sampaikan
    Semuanya sama Beliau,yang namanya usaha berhasil ataupun tidaknya itu persoalan belakan yg penting Niat kita untuk berusaha bukan cuman duduk diam menunggu suatu keajaiban

    Trimah kasi Atas waktunya Salam………

    BalasHapus
  3. Halo Klien,
    RINCIAN PEMINJAM APLIKASI UNTUK PINJAMAN SUKU BUNGA @ 3%. KAMI MEMBANTU INDIVIDU / GROUP BANGUN CARRIERS MEREKA, MEMBANTU MEREKA FINANSIAL UNTUK MEMULAI UP BISNIS DAN MEMBANTU MEREKA MELAYANI UTANG OLEH ZERO DELAY UPON REQUEST DARI TOPIK PINJAMAN.


    1. Nama Of Pemohon dalam Full: ...... ..
    2. Nomor Telepon: ..........
    3. Alamat dan Lokasi: .......
    4. Jumlah dalam permintaan ......... ..
    5. Periode Pembayaran: ......... ..
    6. Tujuan Dari Pinjaman .............
    7. negara .....................
    8. telepon ..................... ..
    9. pendudukan ..................
    10.age / seks .....................
    11.Monthly Pendapatan ............ ..
    12.Email ............... ..

    Salam.
    manajemen
    Email Mohon Hubungi:dasilversoftloaninvestment@gmail.com

    BalasHapus
  4. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  5. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  6. Assalamu'alaikum wr wb,

    Jika Bank anda mengatakan tidak untuk anda untuk pinjaman, di sana adalah tempat asli di mana anda bisa mendapatkan pinjaman asli. Saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim dan saudari yang sedang mencari pinjaman cepat untuk cepat menyelesaikan masalah yang mendesak. Saya mendapat pinjaman sebesar Rp800.000.000.00 aku digunakan untuk merenovasi sekolah saya dan yang lainnya onece aku digunakan untuk memperluas pabrik pengolahan makanan. Saya mendapat pinjaman dari mereka beberapa bulan yang lalu. Saya merekomendasikan mereka karena ada begitu banyak palsu pinjaman perusahaan online. Saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka benar-benar asli. Mereka tidak seperti kebanyakan western pinjaman perusahaan itu adalah palsu. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan agunan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam dan peraturan yang berlaku. Tidak ada jaminan yang dibutuhkan. Tidak ada biaya tersembunyi. Mereka pinjaman proses cepat dan sederhana. Tapi Anda harus bisa meyakinkan mereka bahwa anda akan membayar kembali pinjaman. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati ke kontak Email mereka: (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu alaikum wr wb.

    BalasHapus
  7. Anda benar Herman, apa yang anda katakan adalah benar, saya juga mendapat pinjaman dari organisasi Islam, Pemberdayaan, mereka benar-benar memberikan pinjaman asli. Mereka tidak seperti yang lain palsu pemberi pinjaman pinjaman di internet. Saya juga mendapat pinjaman sebesar Rp500.000.000.00 dari mereka beberapa bulan yang lalu. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang saya lihat di internet dalam kehidupan saya. Mereka genuines dan sah. Sebagai Herman mengatakan, orang-orang yang mencari pinjaman mendesak untuk menghubungi mereka melalui Email (islamicloanempowerment@gmail.com) dan anda akan senang anda lakukan. Sekali lagi, Herman terima kasih untuk berbagi informasi ini kepada orang-orang kami.

    BalasHapus
  8. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia adalah wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    BalasHapus
  9. Assalamualaikum
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}

    BalasHapus
  10. Kabar baik!!! Kabar baik!!! Kabar baik!!! Apakah Anda ingin hidup yang kaya, sehat dan terkenal ... Apakah Anda ingin segera kaya dan kehilangan penderitaan, jika ya, inilah tip yang bagus hanya bergabung dengan "ORGANISASI ILLUMINATI", Anda mungkin bertanya "Bagaimana Cara Saya Bergabung ", jawabannya sederhana saja yang bisa Anda hubungi kami atau tambahkan kami di WHATSAPP +2347035070316 ATAU EMAIL di (theilluminatitemple65@gmail.com>).

    BEWARE OF SCAMMERS, TIDAK ADA BIAYA KEANGGOTAAN ATAU BIAYA PENDAFTARAN DAN ANDA HARUS DI ATAS TAHUN 18YRS.

    TERIMA KASIH...

    BalasHapus
  11. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  12. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  13. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  14. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC
    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  15. Halo

    Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor (+393511318582) jujur ​​pada layanan kami.
    Assalamu`alaikum wr wb,

    BalasHapus
  16. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  17. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus
  18. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  19. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada LADY ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Mrs. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Mrs. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Mrs ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Mrs. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. ESTHER PATRICK melalui email: estherpatrick83@gmail.com untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin, Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: suryantosuryanto524@gmail.com

    BalasHapus

Arsip Blog