Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » "Langkah-Langkah Menjadi Orang Sukses"

"Langkah-Langkah Menjadi Orang Sukses"

Langkah pertama yang harus dilakukan orang agar menjadi sukses adalah memperoleh pendidikan lengkap dari TK hingga minimal lulus S-1. Pada zaman sekarang ini diperlukan ilmu pengetahuan yang luas ( hardskill ) agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri. Orang tersebut harus bersungguh-sungguh dalam bersekolah serta memilih jurusan di SMA sesuai dengan bakat dan keinginannya yaitu IPA atau IPS. Kemudian mengambil jurusan di perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan serta kemampuan ia ingin berkembang di bidang apa dan mewujudkan cita-cita nya bekerja sebagai apa. Dengan begitu maka latar belakang pendidikan yang baik dapat berpengaruh positif bagi seseorang yang ingin sukses berkarir.
Langkah kedua agar menjadi orang yang sukses adalah diperlukannya keaktifan ikut berorganisasi selama masa sekolah. Maksudnya adalah mengembangkan softskill nya yaitu kemampuan bersosialisasi dengan orang. Jika orang tersebut softskill nya bagus maka dia akan banyak memiliki relasi bisnis. Relasi bisnis yang banyak dapat membuat banyak terbukanya lapangan pekerjaan untuk mereka. Oleh sebab itu kemampuan softskill sangat diperlukan dalam mendukung agar mereka menjadi sukses.
Langkah ketiga yang harus ditempuh agar orang tersebut menjadi sukses adalah mengembangkan kekreatifan dalam berfikir. Maksudnya adalah setelah sering menggunakan otak kiri dalam bernalar, diperlukan kekreatifan yang datang dari bekerjanya otak kanan. Jadi selain bersekolah, kegiatan lain yang mendukung adalah bermain alat musik, menyanyi atau melukis melakukan daya kekreatifannya agar tidak jenuh dalam berfikir. Jika bersekolah diimbangi dengan mengembangkan talenta dari hobi orang tersebut maka bersekolah tidak akan jenuh. Selain itu mereka dapat menemukan bakat atau passion mereka untuk berkarir sesuai dengan bakat dan minat mereka.
Langkah keempat untuk menjadi orang yang sukses adalah setelah lulus S-1 segera mencari pekerjaan yaitu bekerja ikut orang dulu menjadi pegawai swasta. Dengan menjadi pegawai swasta dapat membuat orang tersebut memiliki pengalaman dalam berbisnis. Ia dapat mengetahui metode manajemen suatu perusahaan agar memperoleh laba yang besar. Dengan menjadi pegawai swasta, orang tersebut dapat memperoleh modal untuk berusaha sendiri. Jadi setelah modal terkumpul dari bekerja ikut orang maka ia dapat membuka usaha sendiri yang dapat lebih menguntungkannya.
Langka kelima agar menjadi orang yang sukses adalah membuka usaha sendiri atau berwirausaha. Dengan membuka usaha sendiri maka orang tersebut dapat mengatur segala pendapatan dan biaya yang dapat mempengaruhi laba. Membuka usaha sendiri diperlukan keterampilan yang cukup besar dalam mengelola segala kegiatan. Jika usaha tersebut berupa manufaktur misal pembukaan pabrik maka orang tersebut harus mengatur sistem manajemen yang terstruktur dengan baik. Jadi dengan berwirausaha orang dapat mengatur sendiri keuangan yang berlaku pada bisnisnya yaitu besar laba yang ia peroleh.
Langkah keenam adalah mempertahankan serta mengembangkan bisnis wirausahanya tersebut. Cara mempertahankan adalah selalu melakukan evaluasi umpan balik bagi konsumen atau pelanggan. Setelah mengetahui apa saja kekurangan pelayanan serta kualitas produk atau jasa, kita dapat melakukan perbaikan kinerja. Kemudian cara mengembangkan bisnis adalah selalu melakukan inovasi menggunakan teknologi yang semakin canggih serta melakukan diferensiasi produk agar tidak membosankan pelanggan. Jadi perusahaan dapat berekspansi juga agar semakin memperbesar laba.
Kesimpulannya adalah langkah-langkah untuk menjadi orang yang sukses diperlukan keseimbangan antara softskill dan hardskill, keseimbangan berpikir otak kiri dan otak kanan, lalu bekerjalah ikut orang dulu untuk memperoleh pengalaman serta mendapat modal, yang terakhir adalah bekerja membuka usaha sendiri serta selalu melakukan evaluasi pelanggan dan berinovasi. Dengan semua hal itu maka orang tersebut akan sukses. Dikatakan sukses jika dapat memenuhi kebutuhannya dengan baik. Juga diperlukan kerohanian yang kuat agar menjadi orang yang sukses. Dengan begitu lengkap terurai langkah-langkah menjadi orang sukses.

Stefanie Rosalind
3203013046

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog