Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Bisnis Belanja Online yang Makin Maju

Bisnis Belanja Online yang Makin Maju

Banyak masyarakat Indonesia yang sudah mengetahui tentang bisnis secara online. Bisnis secara online itu sendiri merupakan bisnis dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai proses jual belinya. Banyak orang yang berjualan secara online baik dari kalangan muda maupun tua. Keunggulan dari berbisnis secara online adalah harga lebih murah dan efisien, karena hemat waktu dan barang yang dipesan juga cepat sampai.

Dalam berbagai hal menjalankan bisnis ada suka dan dukanya. Sama halnya dengan berbisnis secara online ada suka dan dukanya. Sukanya berbisnis secara online adalah dapat memperluas pergaulan, memperluas pengetahuan kita, mengetahui barang-barang apa saja yang sedang diminati masyarakat pasar. Contohnya saja berbisnis produk-produk kecantikan.

Produk kecantikan merupakan barang yang diminati oleh banyak kaum wanita dan dibutuhkan oleh kaum wanita untuk mempercantik dirinya baik dalam kehidupan sehari-hari ataupun tidak. Biasanya kaum wanita yang cenderung menjaga penampilan mereka. Dari mulai rambut, wajah, pakaian, sepatu, tas, aksesoris, dan lain sebagainya. Hal itu diperlukan untuk menunjang kehidupan dan gaya hidup mereka agar diliat berkelas demi menjaga gengsi mereka.

Barang-barang yang dijual pun digunakan oleh berbagai usia, khususnya wanita remaja dan wanita dewasa. Tergantung pembeli sendiri yang menyesuaikan dengan kebutuhan yang mereka minati. Harga yang ditawarkan secara online pun beragam. Ada yang murah berkisaran sekitar Rp 5.000,- hingga Rp 500.000,- keatas. Harga-harga tersebut belum termasuk ongkos kirimnya, ongkos tersebut dilihat dari kota di mana pembeli tinggal.

Harga-harga tersebut dapat dibandingkan dengan harga di toko / web lainnya dengan barang yang sama, tetapi harga yang berbeda. Kita harus memilih barang dengan harga murah tetapi tidak murahan kualitasnya. Jadi kita tidak perlu berpergian ke mall untuk berbelanja keperluan tersebut, hanya dengan mencarinya di gadget / smartphone kita, maka kita akan mendapatkan berbagai barang yang kita inginkan. Cukup dengan bertransaksi via online / transfer dari ATM. Maka transaksi online ini pun terasa mudah sekarang.

Ada pula duka berbisnis secara online. Misalnya saja ada pembeli yang sudah memesan barang, tetapi tidak di transfer uangnya sehingga penjual harus menjual barang yang sudah di pesan tersebut ke pembeli lainnya agar penjual tidak rugi. Oleh sebab itu penjual sekarang meminta agar pembeli mentransfer terlebih dahulu uangnya baru barang disiapkan untuk dikirim ke pembeli. Hal itu berarti mengikat pembeli untuk tidak bisa membatalkan pesanannya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam bertransaksi online adalah mencatat nama toko penjual, mencatat data-data yang tertera di web / toko penjual (nomor telepon HP dan lainnya), tidak lupa untuk memeriksa apakah penjual benar-benar orang yang berjualan dengan jujur atau tidak melalui testi atau komentar dari para pembeli yang pernah membeli darinya, dan dapat juga dari nomer resi pengiriman yang diposting oleh penjual, apakah barang tersebut sudah dikirim atau belum dikirim oleh penjual.

Nomer resi biasanya berasal dari jasa ekspedisi yang melakukan pengiriman barang tersebut. Biasanya penjual membungkus barang yang dipesan secara rapi, diberi alamat beserta nama lengkap dan juga nomor telepon pembeli maupun penjual, kemudian menyerahkannya pada kurir ekspedisi bersangkutan. Dari situ ekspedisi akan mengantar barang tersebut hingga sampai ke penerima.

Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam berbisnis secara online dan cermat-cermatlah dalam memilih penjual, barang-barang penjual, dan eskpedisi yang dipakai oleh penjual. Sebab terkadang ada barang yang tidak sengaja rusak saat sedang dalam ekspedisi melakukan pengiriman.

Devina Ayu Lestari
3203012132

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog