Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Manfaat Akuntansi

Manfaat Akuntansi

Kita tentunya tidak asing setelah mendengar kata “akuntansi” baik itu saat di sekolah, di kampus maupun di kantor. Akuntansi biasanya banyak dihubungkan dengan keuangan. Dan bagi banyak orang beranggapan bahwa akuntansi sangat sulit untuk dipahami. Tetapi bagi yang telah memahami tentang akuntansi, mereka akan mengatakan akuntansi itu adalah hal yang mengasyikkan. Dapat bermain dengan angka – angka serta dapat menyusun suatu laporan keuangan. 
 
Sebelumya kita harus mengetauhi dahulu apa itu akuntansi. Akuntansi merupakan suatu proses mengumpulkan, menghitung, mengidentifikasi serta menafsirkan sebuah data keuangan dan diolah menjadi suatu informasi. Data – data keuangan yang diolah berupa laporan keuangan yang mencakup beberapa hal seperti laporan laba – rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas. Data – data keuangan tersebut di tafsirkan, diidentifikasi serta dihitung berdasarkan standar dan metode akuntansi yang berlaku. Tahap – tahap dalam akuntansi dibagi menjadi 3 yaitu tahap pencatatan, yaitu pencatatan transaksi yang dilakukan secara kronologis sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi, tahap pengikhtisaran yaitu transaksi yang sudah dicatat dalam jurnal dipindahkan ke buku besar dan yang terakhir adalah tahap pelaporan, yaitu melaporkan saldo akhir dari setiap akun ke dalam suatu file sendiri sehingga dapat diketauhi posisi keuangannya.

Setelah mengetauhi tentang akuntansi dan tahap – tahap dalam akuntansi, mungkin kalian sudah mempunyai gambaran mengenai akuntansi. Akuntansi juga memiliki prinsip yang telah disusun oleh Ikatan Akuntansi Indonesia, IAI menyebutkan bahwa laporan akuntansi antara lain:  (telah diperbaharui dengan Standar Akuntansi Keuangan namun prinsip dasarnya adalah sama).
  1. Perusahaan terpisah dengan pemilik dan perusahaan lainnya, maksudnya akuntansi membedakan asset yang menjadi asset perusahaan dan asset milik pribadi pemilik.
  2. Memenuhi keperluan, yaitu informasi yang dihasilkan akuntansi mempunyai tujuan yang jelas. Tidak asal dibuat. Hal ini menyebabkan sistem akuntansi suatu perusahaan tidak sama dengan sistem akuntansi perusahaan lainnya, karena setiap perusahaan mempunyai kebutuhan berbeda sesuai dengan pengaruh lingkungannya.
  3. Memberikan informasi keuangan secara  kwantitatif mengenai perusahaan tertentu agar pemakai/manajemen dapat mengambil keputusan ekonomi
  4. Memberikan informasi keuangan yang dapat dipercaya  sehingga membantu pemakai/manajemen dalam menaksir kemampuan perusahaan memperoleh laba.
  5. Menyajikan informasi mengenai perubahan-perubahan harta dan kewajiban serta informasi lainnya yang diperlukan.
·       Bermutu
·       Relevan
·       Jelas dan dapat dimengerti
·       Dapat diuji
·       Dapat dibandingkan
·       Lengkap
·       Netral

Dalam kehidupan sehari – hari kita dapat melihat manfaat dari akuntansi, kita dapat melihat dari 3 sisi yaitu pertama dalam segi bisnis. Dapat dikatakan termasuk manfaat dalam segi bisnis adalah hasil olahan data keuangan dalam proses akuntansi akan menghasilkan sebuah informasi mengenai laporan keuangan. Informasi tersebut yang nantinya akan diberikan kepada para pemangku kepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan. Seperti contohnya, laporan akuntansi dapat dijadikan sebagai pinjaman fasilitas kredit oleh bank kepada perusahaan yang akan meminjam dana dan laporan akuntansi juga dapat digunakan untuk merekomendasikan suatu penjualan saham suatu perusahaan.

Kedua manfaat akuntansi juga dapat dilihat dari segi perusahaan, dimana hasil olahan data yang telah diproses akan menghasilkan suatu informasi yang digunakan oleh manajemen dalam mengambil keputusan bagi keberlangsungan perusahaan. Informasi tersebut nantinya juga dipertanggungjawabkan kepada para investor sehingga investor dapat melihat pertumbuhan perusahaan secara signifikan. Manfaat akuntansi pada dunia pendidikan, untuk mengembangkan akuntansi serta menerapkan akuntansi sesuai dengan prinsip – prinsip yang berlaku sesuai dengan PSAK.

Melihat beberapa manfaat dari akuntansi untuk penerapan dalam kehidupan sehari –hari, maka tentunya kita akan lebih memahami maksud dan tujuan dari akuntansi itu sendiri. Dengan akuntansi kita tidak hanya belajar mengenai angka – angka yang terdapat didalamnya tetapi kita juga dapat belajar dari mana angka – angka transaksi yang dicatat dan mempunyai pengertian yang seperti apa. 

Fitriani Bayu L.
3203011268 

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. terimakasih telah menulis artikel yang bisa menambah wawasan bagi pembaca, sangat bermanfaat...
    Aplikasi Akuntansi Android

    BalasHapus

Arsip Blog