Diberdayakan oleh Blogger.
Home » » Hubungan Rantai Pasokan Manajemen dan Bisnis Logistik

Hubungan Rantai Pasokan Manajemen dan Bisnis Logistik

Dalam dunia bisnis yang semakin modern dan berkembang ini siapa sihh yang gak kenal sama yang namanya “Rantai Pasokan Manajemen” ??? Rantai pasokan manajemen merupakan pengelolaan rantai siklus yang lengkap mulai bahan mentah dari para supplier, ke kegiatan operasional di perusahaan, berlanjut ke distribusi sampai kepada konsumen, dengan kata lain rantai pasokan manajemen adalah jaringan fisiknya yaitu metode, alat, atau pendekatan pengelolaannya.

Perlu diketahui bahwa ada berbagai macam jenis manajemen rantai pasokan meliputi : Pengangkutan, pembayaran secara tunai atau kredit (proses transfer) , supplier, distributor dan pihak yang membantu transaksi seperti Bank, hutang maupun piutang , pergudangan, pemenuhan pesanan ,informasi mengenai ramalan permintaan, produksi maupun pengendalian persediaan.

Terus apakah ada hubungan antara rantai pasokan manajemen dan bisnis logistic ??? yahh … tentu ada, karena bisnis logistik merupakan suatu bagian dari rantai pasokan manajemen yang berfokus pada perpindahan barang dari tempat asal ke tempat tujuan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Tujuan utama dari bisnis logistik adalah mengatur siklus barang sehingga memberikan hasil yang bermanfaat bagi perusahaan, terutama dari segi efisiensi.

Apa keuntungan dari bisnis yang menggunakan manajemen rantai pasokan ?? tentu memiliki keuntungan karena dengan menggunakan manajemen rantai pasokan setiap elemen yang ada di dalam kegiatan usaha dapat terpantau dengan menggunakan sistem informasi.

Dengan kata lain rantai pasokan manajemen merupakan pengelolaan berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh bahan mentah, dilanjutkan kegiatan trans
formasi sehingga menjadi produk dalam proses, kemudian menjadi produk jadi dan diteruskan dengan pengiriman kepada konsumen melalui sistim distribusi. Kegiatan-kegiatan yang dilakukan mencakup pembelian secara tradisional dan berbagai kegiatan penting lainnya yang berhubungan dengan supplier dan distributor.

Elsanfhi Diny Fanggidae
3203013203

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog